nusabali

Damkar Tabanan Tambah 2 Unit Armada

  • www.nusabali.com-damkar-tabanan-tambah-2-unit-armada

TABANAN, NusaBali
Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemkab Tabanan akan menambah dua unit armada baru.

Rencana pengadaan armada ini sudah tercatat dalam Sistem Layanan Pengadaaan Secara Elektronik (LPSE) Tabanan. Pengadaan sudah masuk dalam Belanja Kendaraan Bermotor Khusus (Mobil Pemadam Kebakaran) dengan Pagu Rp 3,5 miliar dari APBD 2021.

Dua unit armada ini akan menambah kekuatan lima armada  yang dimiliki Damkar Tabanan. Dengan tambahan dua armada itu, unit Damkar Tabanan akan sangat terbantu dalam penanganan kebakaran terutama di wilayah jauh dari kota. Lebih-lebih, dari lima armada yang ada, dua armada dalam kondisi sudah tua dan mudah rentan rusak.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tabanan I Wayan Sarba mengaku sudah mendapat konfirmasi adanya pengadaan dua unit armada Damkar tersebut. ‘’Tentu ini menjadi kabar baik bagi kami. Karena kondisi dua sampai tiga armada di Damkar sudah tua dan sering rusak. Kami sudah usulkan sebelumnya dan disetujui dan sudah mendapat anggaran. Pemenang tendernya juga sudah ada, anggarannya Rp 3,5 miliar," ungkapnya, Kamis (7/1).

Kata dia, dengan anggaran tersebut akan bisa membeli dua unit mobil Damkar dengan spesifikasi lumayan, sesuai kebutuhan wilayah Tabanan. ‘’Mudah-mudahan ini dapat membantu dan menjangkau penanganan pemadam kebakaran di 10 kecamatan," tandasnya.

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Tabanan I Wayan Suakta menjelaskan, kini Damkar Tabanan memiliki 5 unit armada. Namun kondisi tiga unit armada tidak prima karena sudah tua. Kedepannya, jangkauan untuk penanganan kebakaran terlalu jauh maka harus dibuatkan pos baru. Pos ini yakni di Kecamatan Pupuan, Selemadeg Barat, dan Baturiti. *des

Komentar