nusabali

Warga Desa Jungutan Dapat Bantuan Bibit Hortikultura

  • www.nusabali.com-warga-desa-jungutan-dapat-bantuan-bibit-hortikultura

AMLAPURA, NusaBali
Yayasan Kopernik Denpasar berikan bantuan bibit hortikultura untuk masyarakat Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

Bibit itu untuk dikembangkan di rumah-rumah penduduk. Bantuan bibit diserahkan oleh perwakilan yayasan, Steven, diterima langsung Perbekel Desa Jungutan I Wayan Wastika di Banjar/Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Rabu (6/1).

Bantuan bibit itu berupa bibit tomat, terong, cabe, dan buncis. Bagi yang memiliki pekarangan rumah cukup luas, bibit itu bisa dikembangkan dengan cara berkebun memanfaatkan media botol plastik. Caranya botol plastik diisi tanah dan pupuk, siap ditanami cabe, terong, buncis, dan tomat. Bisa juga dengan menggunakan batang pisang, diisi tanah dan pupuk. Diharapkan, setelah tumbuh dan berbuah, selama 3 bulan hingga 6 bulan ke depan warga tidak lagi membeli cabe, terong, tomat, dan buncis. “Dengan bantuan bibit ini, warga punya kegiatan di rumah. Hasilnya bisa untuk pemenuhan di rumah tangga,” ungkap Wayan Wastika.

Saat serah terima bibit juga dilakukan launching penanaman bibit hortikultura di rumah I Ketut Sudana, di Banjar Jungutan. Steven membantu bibit untuk memotivasi warga agar lebih kreatif dan produktif saat pandemi. “Bagi warga yang kreatif, berkebun hortikultura akan menghasilkan sayur,” ungkap Steven. *k16

Komentar