nusabali

Salah Satu Pamangku Berusia 5 Tahun Kurang 2 Bulan

  • www.nusabali.com-salah-satu-pamangku-berusia-5-tahun-kurang-2-bulan

Seveklum terpilih menjadi Jro Balian melalui prosesi nyanjan, Ni Made Selsi Restiani Putri yang baru berusia 10 tahun tiba-tiba bikin canang dan metanding banten sendiri, juga minta bunga tri warna kepada orangtuanya

5 Bocah Madeg Jadi Jro Balian dan Jro Mangku di Pura Ulun Danu Batur

BANGLI, NusaBali
Krama Desa Pakraman Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli menggelar upacara pawintenan dan pemadegan (penobatan) Jro Balian dan Jro Mangku di Pura Ulun Danu Batur pada Buda Pon Medangkungan, Rabu (9/11). Dari 5 anak yang diupacari, salah satunya bocah yang baru berusia 5 tahun kurang 2 bulan, yakni I Kadek Yoga Prasetya.

Upacara pawintenan dan pemadegan Jro Balian dan Jro Mangku ini merupakan kelanjutan dari rangkaian prosesi nyanjan (pemilihan secara niskala) yang telah dilaksanakan krama Desa Pakraman Batur, 23 Oktober 2016 lalu. Berdasarkan hasil nyanjan, ada 5 bocah yang ditunjuk secara niskala untuk menjadi Jro Balian dan Jro Mangku di Pura Ulun Danu Batur.

Empat (4) anak di antaranya madeg sebagai Jro Mangku, sedangkan 1 anak lagi sebagai Jro Balian. Bocah Kadek Yoga Prasetya, yang merupakan anak bungsu dari dua bersaudara keluarga pasangan I Wayan Sudi Eka Putra dan Ni Nengah Darsi, madeg menjadi Jro Mangku.

Tiga (3) bocah lagi yang madeg sebagai Jro Mangku masing-masing Jro Manglu Agus Eriyana, 10 (bocah Kelas IV SD), Jro Mangku Egar Nugraha, 15 (bocah Kelas III SMP), dan Jro Mangku Respiandari, 14 (bocah Kelas II SMP). Sedangkan yang madeg sebagai Jro Balian adalah Ni Made Selsi Restiani Putri, 10 (siswi Kelas IV SD).

Upacara pemadegan Jro Balian dan Jro Mangku di Pura Ulun Danu Batur, Rabu kemarin dimulai sejak pagi pukul 09.00 Wita, diawali dengan prosesi Bakti Cicipan atau matur Pakeling di depan Utama Mandala Pura. Dilanjut dengan upacara mohon panugrahan dan pawintenan di Pura Pura Jati, masih satu areal Pura Ulun Danu Batur.  


SELANJUTNYA . . .

Komentar