nusabali

Desa Menanga Masuk Sepuluh Besar Desa Brilian 2020

  • www.nusabali.com-desa-menanga-masuk-sepuluh-besar-desa-brilian-2020

AMLAPURA, NusaBali
Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem masuk 10 besar Desa Brilian 2020 tingkat nasional yang digelar Kementerian Desa PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi). Desa Menanga masuk 10 besar melalui inovasi BUMDes dan siap mengimbaskan kepada desa lainnya di Karangasem.

Desa Menanga dinobatkan sebagai Desa Brilian 2020 masuk peringkat kesembilan dari 531 desa yang diusulkan jadi desa tangguh dan inovatif. Pemilihan Desa Brilian 2020 digelar Kementerian Desa PDTT bekerja sama dengan BRI dan Founder BUMDes.id melalui program inkubasi BRIncubator Goes to Desa Brilian. Seleksi digelar dari September-November 2020. Dari 532 usulan desa tangguh dan inovatif, awalnya dipilih 125 desa. Selanjutnya dilakukan verifikasi dan visitasi sehingga memunculkan 30 besar Desa Brilian 2020.

Dari Bali hanya dua desa masuk 30 besar, Desa Menanga peringkat ke-9 dan Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, masuk peringkat 25. Tema kegiatan pemilihan Desa Brilian 2020 adalah Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global. Tujuannya adalah untuk mempercepat terciptanya pemulihan ekonomi desa dari pandemi Covid-19, terciptanya ketahanan pangan dengan koperasi pertanian, dan transparansi ekonomi desa menuju digitalisasi.

Ketua BUMDes Desa Menanga, I Wayan Ridana, mengaku secara tidak langsung telah mengimbaskan keberhasilan Desa Menanga meraih Desa Brilian 2020. “Sambil jalan, saya sudah berikan masukan BUMDes lain mulai dari BUMDes di Kecamatan Rendang, kemudian berimbas ke kecamatan lainnya di Karangasem, tujuannya agar semuanya maju,” ungkap Wayan Ridana, Jumat (11/12). Kunci keberhasilan kembali kepada pengelola BUMDes itu sendiri. Sebab setiap BUMDes punya potensi berbeda dan inovasinya juga beda.

Perbekel Desa Menanga, I Wayan Suartana, berharap semua BUMDes di Kecamatan Rendang dan Karangasem maju, sehingga pembangunan desa di Karangasem juga jadi maju. “Kami bertekad maju bersama, tidak cukup hanya BUMDes Desa Menanga saja yang maju,” tegas Wayan Suartana.  *k16

Komentar