nusabali

Penontonnya dari Seluruh Bali, Dijaga 90 Polisi

  • www.nusabali.com-penontonnya-dari-seluruh-bali-dijaga-90-polisi

Puluhan ribu krama dari berbagai desa di Bali menyaksikan pementasan Calonarang di Banjar Getakan, Desa Pakraman Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Rahina Wraspati Umanis Pahang, Kamis (13/10) malam.

Kata dia, persiapan calonarang ini sejak beberapa minggu lalu, termasuk membuat tragtag (panggung pentas) tinggi sekitar 11 meter dan peti. Setelah dikubur selama 4 jam, maka Ida Sasuhunan Tapakan Ratu Mas Klungkung akan lunga (datang) ke setra untuk menghidupkan watangan tersebut. “Rangkaian prosesi ini akan disineb Sukra Paing Pahang, Jumat (14/10) ini,” ujarnya.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, panitia juga sudah menyiapkan dua ambulance. Mengantisipasi krodit dan kerawanan di jalan raya, Polres Klungkung mengerahkan 90 anggota. ‘’Kami rancang agar pentas ini berjalan aman dan tertib,’’ jelas Waka Polres Klungkung Kompol Nengah Sadiarta.

Selain puluhan ribu krama, pentas Calonarang ini juga disaksikan Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, Bupati Klungkunt I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Sebagaimana diketahui, krama Banjar Getakan menerima pawisik (suara gaib) Ida Batara secara berturut-turut lewat orang yang kerauhan sejak 2005. Pawisik itu menegaskan, untuk pentas Calonarang ke-11 kalinya, tahun 2016, watangannya harus dikubur atau dipendem selama 4 jam. * wa

Komentar