nusabali

Dimeriahkan Fragmentari Cak Bermasker

Pembukaan Pariwisata Bali untuk Wisatawan Nusantara

  • www.nusabali.com-dimeriahkan-fragmentari-cak-bermasker

DENPASAR, NusaBali
Fragmentari ‘Cak Bermasker’ akan ditampilkan dalam acara pmbukaan pariwisata Bali untuk wisatawan Nusantara, di kawasan ITDC Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan Badung, Kamis (30/7) ini.

Cak tatanan era baru ini dipersembahkan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.Rektor ISI Denpasar, Prof Dr I Gede Arya Sugiartha SSKar MHum, mengatakan frgmentari yang disiapkannya ini terbulang baru, mengikuti protokol tatanan era baru cegah Covid-19. Masker yang dikenakan para penari didesain sedemikian rupa, sehingga seolah menjadi bagian utuh dari properti (kostum pentas).

Selain itu, para penari juga jaga jarak rata-rata 1 meter saat pentas. Karena itu, jumlah penari yang dilibatkan tidak banyak, hanya 18 orang. Apalagi, panggung pembukaan resmi wisatawan Nusantara yang disiapkan hanya berukuran 14 meter x 10 meter.

Kalau dalam kondisi normal, jumlah penari untuk pagelaran Tari Cak biasanya mencapai seratusan orang, tergantung luas stage. “Nah, untuk Cak Bermasker yang ditampilkan di Nusa Dua hari ini, durasi pentas hanya 4 menit, sebagai tarian penyambutan,” jelas Prof Arya Sugiarrha, Rabu (29/7).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama ISI Denpasar, I Ketut Garwa SSn MSn, para penari Cak Bermasker ini diambil dari mahasiswa Semester V Jurusan Kerawitan. Ada dua tokoh dalam ephos Ramayana yang akan menjadi tokoh sentral saat pembukaan wisatawan Nusantara nanti, yakni Hanuman (warna putih) dan Anggada (warna merah), keduanya melambangkan kekuatan. Warna yang dikenakan dua tokoh ini juga melambangkan Bendera Merah-Putih. “Kami hanya 3 kali latihan sebelum pentas,” katanya.

Sementara itu, pembukaan tahap kedua pariwisata Bali untuk wisatawan Nusantara akan dilakukan Kamis ini, dalam rangkaian Deklarasi ‘Program Kepariwisataan dalam Tatanan Kehidupan Bali Era Baru Digitalisasi Berbasis QRIS’, di kawasan ITDC Nusa Dua. Acara pembukaan ini akan dihadiri Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Whisnutama Kasubandio, dan Gubernur Bali Wayan Koster bersama Forkompida dan stakeholder terkait. *k17

loading...

Komentar