nusabali

STAHN Mpu Kuturan Singaraja Akreditasi Seluruh Prodi

  • www.nusabali.com-stahn-mpu-kuturan-singaraja-akreditasi-seluruh-prodi

Empat jalur pendaftaran mahasiswa baru sudah disediakan, kesempatan beasiswa yang berjumlah ratusan juga bisa diakses oleh calon mahasiswa.

SINGARAJA, NusaBali
Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja kembali mempersiapkan diri untuk menerima mahasiswa baru di tahun ajaran 2020/2021. Seluruh prodi yang dibuka dinyatakan sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Perguruan tinggi berbasis agama Hindu ini pun menyiapkan ratusan beasiswa yang dapat dinikmati mahasiwa barunya untuk meringankan biaya perkuliahan.

Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Prof Dr Drs Made Suweta MSi, Rabu (22/7) menjelaskan, dengan fasilitas dan kemudahan yang disediakan STAHN Mpu Kuturan diharapkannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Terutama slot untuk ratusan beasiswa yang dapat diakses mahasiswa sehingga dapat meringankan biaya selama menempuh kuliah. “Seluruh prodi yang kami miliki sudah terakreditasi, termasuk prodi pascasarjana. Jadi masyarakat tidak usah ragu lagi kuliah di STAHN Mpu Kuturan,” ucap dia.

Sepuluh Prodi Strata Satu (S1) yang telah terakreditasi di antaranya Prodi PGSD, Prodi PG PAUD, Prodi PAH, Prodi Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali, Prodi Filsafat Hindu, Prodi Teologi Hindu, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Penerangan Agama Hindu, Prodi Pariwisata Budaya dan Prodi Hukum Hindu. Satu lainnya program Pascasarjana (S2) Pendidikan Agama Hindu.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STAHN Mpu Kuturan Singaraja Kadek Wiramarta MPd menjelaskan, STAHN Mpu Kuturan membuka empat jalur pendaftaran calon mahasiswa baru. Yakni Jalur Reguler, Jalur Prestasi, Jalur Undangan dan Jalur Program Indonesia Pintar Kuliah (PIPK). Sedangkan saat ini baru masuk pada tahap pendaftaran jalur ketiga yang dibuka 25 Juli ini.

Menurut Wira, calon mahasiswa baru dapat mengakses ratusan beasiswa. Seperti beasiswa PIPK tahun 2020 yang khusus dijatah oleh pemerintah sebanyak 200 calon mahasiswa. Setiap mahasiswa yang akan menerima besasiswa mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 13,2 juta yang dibayar setiap tahun.

Selain itu juga ada beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BMM (Beasiswa Mahasiswa Miskin) yang jumlahnya ratusan. “Kalau PPA dan BMM ini masing-masing besarannya Rp 2,5 juta setahun per mahasiswa. Jadi tidak usah khawatir adik-adik yang mau kuliah, karena biaya kuliah per semesternya sangat murah, yaitu Rp 600 ribu per semester,” jelasnya.*k23

Komentar