nusabali

Puluhan Tenaga Medis di Puskesmas Tabanan III Uji Swab

  • www.nusabali.com-puluhan-tenaga-medis-di-puskesmas-tabanan-iii-uji-swab

TABANAN, NusaBali
Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tabanan lakukan uji swab kepada tenaga medis di Puskesmas Tabanan III, Senin (6/7).

Uji swab dilakukan pasca seorang bidan dinyatakan positif Covid-19.  Sebanyak 60 orang tenaga medis diuji swab dan 90 orang keluarga pasien yang sempat kontak dengan sang bidan juga dilakukan tracing (penelusuran). Sembari menunggu hasil swab layanan Puskesmas Tabanan III ditutup sementara dan dialihkan ke Puskesmas Tabanan I.

Kepala UPTD Puskesmas Tabanan III, Ida Bagus Wisnu Wardana, menjelaskan swab test dilakukan untuk sterilisasi. Sehingga layanan Puskesmas Tabanan III ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. "Setelah hasil swab keluar dan dinyatakan negatif baru layanan puskesmas dibuka. Kira-kira sampai 4 hari ke depan," tegasnya.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Tabanan, I Putu Dian Setiawan, menjelaskan swab tes dilakukan bagi tenaga medis sebagai langkah cepat penanganan Covid-19 agar tidak meluas. "Khusus tenaga medis dilakukan uji swab langsung agar hasilnya cepat diketahui. Sehingga ketika dinyatakan negatif sudah bisa bertugas kembali," ungkapnya.

Sementara itu update perkembangan kasus Covid-19 di Tabanan data terbaru terjadi penambahan kasus 3 orang dan 1 orang pasien sembuh. Penambahan 3 orang ini merupakan kasus transmisi lokal. Rincianya 2 orang warga lokal dan 1 orang asisten apoteker. Petugas apoteker ini positif karena terpapar dari rekan kerjanya. Dan keseluruhan tambahan pasien positif ini berasal dari Kecamatan Marga, Kecamatan Kediri dan Kecamatan Selemadeg Timur.  Dengan adanya tambahan kasus dan pasien sembuh secara akumulasi kasus positif di Tabanan tembus 90 orang. Dalam perawatan 41 dan sembuh 48 orang. *des

Komentar