nusabali

Satpol PP Cek Kesiapan Tempat Ibadah di Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan

  • www.nusabali.com-satpol-pp-cek-kesiapan-tempat-ibadah-di-kecamatan-kuta-dan-kuta-selatan

MANGUPURA, NusaBali
Petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung, dan jajaran lainnya melakukan pengecekan sejumlah tempat ibadah yang ada di wilayah Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan pada Senin (22/6).

Pemeriksaan itu untuk memastikan kesiapan sejumlah tempat ibadah dalam menerapkan protokol kesehatan menyambut new normal. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung I Gusti Agung Kerta Suryanegara, menerangkan pemeriksaan pertama yang dilakukan adalah masjid. Masjid direncanakan dibuka pada Jumat (26/6) mendatang. Sehingga, petugas gabungan melakukan pemeriksaan tujuh masjid, masing-masing 4 masjid di Kecamatan Kuta, 2 di Kecamatan Kuta Selatan, dan 1 di Kecamatan Petang. Pemeriksaan tim gabungan itu untuk mengetahui kesiapan pengurus masjid dalam menjalankan protokol kesehatan saat menjalani new normal.

“Kalau untuk pengajuan (pemberitahuan) tempat ibadah yang hendak dibuka saat ini khusus masjid saja. Ada total 16 masjid yang sudah mengajukan. Namun kami putuskan untuk cek tujuh saja,” kata Suryanegara, Senin (22/6) siang.

Menurut Suryanegara, dari belasan yang diajukan dari semua kecamatan di Badung, ada beberapa aspek yang menjadi perhatian oleh tim gabungan. Dimana, yang diperbolehkan dibuka adalah tempat ibadah di kawasan/wilayah yang tidak memiliki riwayat pasien Covid-19 yang sedang dirawat di RS atau ODP (orang dalam pemantauan), PDP (pasien dalam pengawasan). Sehingga, pada Senin siang kemarin, hanya tujuh masjid saja yang dicek.

“Ada tim verifikasi. Semuanya dicek satu-satu dan baru tujuh itu yang memenuhi unsur/persyaratan. Makanya, langsung turun ke lapangan untuk cek kesiapan mereka dalam menerapkan protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker, hand sanitizer, dan jarak aman saat berada di tempat ibadah,” ujar Suryanegara.

Hasil pemantauan pada Senin kemarin, dari tujuh masjid tersebut sebagian besar sudah menerapkan protokol kesehatan. Namun, ada juga yang belum lengkap penerapannya. Kemudian, hasil pengecekan itu akan dievaluasi dan dilaporkan kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. “Kalau untuk memutuskan buka atau tidaknya itu, tergantung evaluasi besok (hari ini). Nah, kalau sudah memenuhi standar atau persyaratan, tempat ibadah itu akan dibuka pada Jumat mendatang. Namun, kalau ada yang belum lengkap, akan dievaluasi lagi,” imbuh Suryanegara.

Tujuh masjid yang dilakukan pengecekan oleh petugas gabungan dari Kabupaten Badung adalah, Masjid Baiturrahman, Angantiga, Petang; Masjid Nurul Huda, Tuban, Kuta; Masjid Al Amin, Tuban, Kuta; Masjid Al Ikhlas, Tuban, Kuta; Masjid Al Huda, Kedonganan, Kuta; Masjid Agung Palapa, BPG, Kuta Selatan; Masjid Agung Ibnu Batutah, Puja Mandala Benoa, Kuta Selatan. *dar

Komentar