nusabali

Puspayoga Perintahkan Menangkan Koster

  • www.nusabali.com-puspayoga-perintahkan-menangkan-koster

Pertemuan bernuansa politik tingkat tinggi terjadi antara dua tokoh PDIP Bali: Wayan Koster dan AA Gede Ngurah Puspayoga, Kamis (15/9) siang.

Berbalut Simakrama Galungan, Koster-Puspayoga Merapat di Jakarta


DENPASAR, NusaBali
Pertemuan yang disebut-sebut sebagai konsolidasi jelang Pilgub Bali 2018 tersebut digelar di Rumah Jabatan Menteri Koperasi dan UKM, Jalan Widya Candra III Nomor 12 A Ja-karta Pusat. Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah Ketua DPC PDIP se-Bali kemarin, AAN Puspayoga perintahkan untuk menangkan Wayan Koster di Pilgub Bali 2018.

Pertemuan berbalut silaturahmi Hari Raya Galungan dan Kuningan antara Wayan Koster dan AAN Puspayoga ini termasuk peristiwa langka dan bernuansa politik tingkat tinggi. Wayan Koster merupakan politisi asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang kini menjabat Ketua DPD PDIP Bali, selain anggota Komisi X DPR RI. Koster telah didukung bulet oleh 8 dari 9 DPC PDIP se-Bali sebagai kandidat Calon Gubernur (Cagub) Bali ke Pilgub 2018.

Sedangkan AA Puspayoga merupakan politisi PDIP asal Puri Satria, Denpasar yang kini menjabat Menteri Koperasi dan UKM. Puspayoga---yang notabene adik dari Senator Bali AA Ngurah Oka Ratmadi alias Cok Rat---adalah mantan Wakil Gubernur Bali 208-2013. Puspayoga sempat diusung PDIP menjadi Cagub Bali di Pilgub 2013, namun dikalahkan Made Mangku Pastika.

Dalam pertemuan antara Koster dan Puspayoga di Jakarta, Kamis kemarin, hadir pula Sekretaris DPD PDIP Bali I Gusti Ngurah Jaya Negara (kini Wakil Walikota Denpasar), Ketua DPC PDIP Gianyar Made Agus Mahayastra (kini Wakil Bupati Gianyar), Ketua DPC PDIP Buleleng Putu Agus Suradnyana (kini Bupati Buleleng), Ketua DPC PDIP Klungkung AA Gde Anom, Ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana (kini Ketua Fraksi PDIP DPRD Karangasem), Ketua DPC PDIP Bangli Sang Nyoman Sedana Arta (kini Wakil Bupati Bangli), Sekretaris DPC PDIP Badung Putu Parwata (kini Ketua DPRD Badung), Sekretaris DPC PDIP Tabanan I Nyoman Komet Arnawa (kini Ketua Komisi II DPRD Tabanan), Sekretaris  DPC Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa (kini Ketua Fraksi PDIP DPRD Denpasar), dan Sekretaris DPC PDIP Jembrana Ni Made Sri Sutharmi.

Pertemuan Koster dan Puspayoga kemarin juga diisi dengan sesi foto salam komando. Melalui pertemuan itu, Koster mendapat jalan lebar dari Puspayoga untuk maju tarung Pilgub Bali 2018 mendatang. Menurut jubir DPD PDIP Bali, Dewa Made Mahyadnya alias Dewa Jack, Koster sempat memberikan sekapur sirih terlebih dulu soal dinamika organisasi.

Kemudian, masuk ke materi pertemuan dengan memaparkan situasi politik di Bali jelang Pilkada Buleleng 2017, Pilkada Gianyar 2018, Pilkada Klungkung 2018, dan Pilgub Bali 2018. “Termasuk juga situasi politik jelang Pileg 2019 dan Pilpres 2019,” ujar Dewa Jack yang juga hadir dalam pertemuan kemarin.

Menurut Dewa Jack, kemarin Koster langsung minta masukan dan saran dari Puspayoga selaku tokoh PDIP dan kader senior. Puspayoga pun dengan terbuka memberikan saran dan masukan dalam rangka menjaga soliditas PDIP di Bali. “Pertemuannya sangat cair dan penuh kekeluargaan dan komitmen menjaga serta membesarkan PDIP di Bali,” tegas anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng ini.

Dewa Jack memaparkan, Puspayoga merespons Koster seraya menjawabnya dengan saran terkait perhelatan Pilkada di Bali. Intinya, Puspayoga meminta kader partai di Bali supaya solid mendukung dan memenangkan pasangan Putu Agus Suradnyana-dr Nyoman Sutijdra (PAS-Sutji), incumbent yang diusung PDIP, di Pilkada Buleleng 2017, sesuai dengan instruksi Ketua Umum DPP PDIP Megawati. “Beliau minta bekerja keras memenangkan pasangan yang diusung PDIP,” papar Dewa Jack.

Terkait Pilgub Bali 2018, kata Dewa Jack, Puspayoga memerintahkan pengurus DPD PDIP Bali, DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali, PAC PDIP (tingkat kecamatan), Ranting PDIP (tingkat desa), dan Anak Ranting PDIP (tingkat banjar) se-Bali agar kompak dan solid memenangkan Wayan Koster.

“Ajung (panggilan akrab Puspayoga, Red) meminta Pak Koster menyiapkan diri juga, membuat pemetaan, dan mulai sosialisasi ke bawah. Bahkan, sebagai kader partai, Pak Puspayoga siap membantu menerjunkan program ke Bali terkait dengan program kementerian melalui aspirasi kader di Bali,” terang Dewa Jack.

Di mata Dewa Jack, dari penyampaiannya, Puspayoga selaku kader senior PDIP sangat serius dan tulus memberikan dukungan kepada Koster untuk maju sebagai Cagub Bali di Pilgub 2018. “Beliau sangat serius, antusias, dan tulus mendukung Pak Koster,” bebernya.

Sayangnya, sampai berita ini diturunkan, NusaBali belum berhasil mengkonfirmasi Puspayoga. Saat dihubungi melalui telepon, terdengar nada sambung, namun mantan Walikota Denpasar dua kali periode ini tidak mengangkat ponselnya. SMS yang dikirim juga belum dibalas. * nat

Komentar