nusabali

Penduduk Miskin Diprediksi Meningkat

  • www.nusabali.com-penduduk-miskin-diprediksi-meningkat

JAKARTA, NusaBali
Ekonom dari lembaga kajian Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Akhmad Akbar Susamto pada Selasa (5/5), memprediksikan jumlah penduduk miskin di Indonesia akan mengalami peningkatan pada triwulan II 2020 melalui tiga skenario yaitu berat, lebih berat, dan sangat berat.

Akbar mengatakan potensi peningkatan jumlah penduduk miskin tersebut akibat dari tertekannya perekonomian serta penerapan restriksi sosial dan mobilitas di berbagai wilayah sebagai dampak pandemi Covid-19.

Akbar menyebutkan penduduk di bawah garis kemiskinan cenderung menurun yaitu 25,1 juta jiwa atau 9,4 persen dari total penduduk Indonesia pada Maret 2019. Namun jumlah penduduk rentan miskin dan hampir miskin mencapai 66,7 juta jiwa atau 25 persen dari total penduduk Indonesia.

“Masyarakat golongan rentan dan hampir miskin ini umumnya bekerja di sektor informal dan banyak yang sangat bergantung pada bantuan-bantuan pemerintah,” ujar Akbar di Jakarta.

Selain itu, kata Akbar, penduduk miskin berpotensi bertambah 5,1 juta hingga 12,3 juta jiwa yaitu 3 juta orang di perkotaan dan 2,6 juta orang di pedesaan. Jadi, jumlahnya mencapai 30,8 juta orang atau 11,7 persen dari total penduduk Indonesia. *ant

Komentar