nusabali

RI Impor Bawang Putih 78 Ribu Ton

  • www.nusabali.com-ri-impor-bawang-putih-78-ribu-ton

JAKARTA, NusaBali
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sebanyak 78 ribu ton bawang putih impor akan masuk ke pasar domestik pada bulan Mei 2020.

Hal ini diharapkan mampu memenuhi stok dan menjaga stabilitas harga komoditas tersebut selama Ramadhan dan Lebaran.

“Pada Mei (bawang putih) sekitar 78 ribu ton sehingga untuk Lebaran ini relatif aman, diharapkan yang lain sudah bisa masuk dan punya stok cukup di pasar,” kata Menko Perekonomian Airlangga, di Jakarta, Selasa (5/5).

Hal itu dikemukakan usai rapat terbatas (ratas) melalui konferensi video mengenai Antisipasi Dampak Kekeringan Terhadap Ketersediaan Bahan Pangan Pokok yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka di Jakarta, Selasa.

Pada April 2020 lalu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pasokan impor bawang putih sudah masuk 94 ribu ton. Pemerintah sebelumnya memberikan relaksasi syarat impor melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 27/2020 tentang penghapusan sementara syarat SPI untuk bawang putih dan bawang bombai yang berlaku sampai 31 Mei 2020.

“Kemudian terkait dengan komoditas yang masih juga memerlukan impor. Untuk bawang putih, konsumsi dalam negerinya itu sekitar 50 ribu ton dan bulan April kemarin diperkirakan masuk 94 ribu ton, dan Mei sekitar 78 ribu ton,” ujar Airlangga. *ant

Komentar