nusabali

Terminal Mengwi Diserahterimakan ke Pusat

  • www.nusabali.com-terminal-mengwi-diserahterimakan-ke-pusat

Hari ini serah terima pengelolaan Terminal Mengwi dilakukan di kantor Kemenhub di Jakarta. Namun SDM tidak termasuk yang diserahterimakan ke pemerintah pusat.

Bagaimana dengan personel? Menurutnya sesuai dengan rencana awal yakni akan diperbantukan ke UPT Badung Selatan untuk membantu petugas lalu lintas. Sehingga tidak ikut diserahkan ke pemerintah pusat. “PNS 50 orang, pegawai kontrak operasional 40 orang, ini pegawai yang tidak diserahkan ke pusat. Mereka untuk operasional di Badung,” tandasnya.

Sekadar mengingatkan, pengambialihan Terminal Mengwi yang merupakan terminal tipe A ini sempat mengalami penundaan. Sebelumnya pemerintah pusat, sesuai UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, akan menarik pengelolaan terminal tipe A pada 31 Desember 2015. Namun karena keluar aturan baru dari Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan, Terminal Mengwi akan diambilalih pada Desember 2016.

Meski bertipe A, Terminal Mengwi masih kalah dengan Terminal Ubung, Denpasar. Contohnya, angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) masih menaikkan dan menurunkan penumpang di Terminal Ubung. Padahal setiap tahunnya Pemkab Badung mengucurkan lebih dari Rp 2 miliar untuk biaya operasionalnya. Dengan adanya pengambilalihan ini, maka terhitung Januari 2017 pemerintah pusat melalui Kemenhub akan mengelola Terminal Mengwi. * asa

Komentar