nusabali

Polres Buleleng Gandeng Toga Patuhi Larangan Mudik

  • www.nusabali.com-polres-buleleng-gandeng-toga-patuhi-larangan-mudik

Toloh agama (toga) muslim di Buleleng  ikut berpartisipasi dalam imbauan agar warga tidak mudik.

SINGARAJA, NusaBali
Instruksi Presiden Indonesia, Joko Widodo, terkait larangan mudik jelang lebaran di tengah pandemi Covid-19, juga dijalankan Polres Buleleng. Kapolres Buleleng, AKBP I Made Sinar Subawa memilih menggandeng tokoh agama (Toga) islam di Kabupaten Buleleng untuk kepatuhan anjuran pemerintah tersebut.

Kapolres Sinar Subawa yang ditemui di Mapolres Buleleng, Jumat (24/4) pagi mengaku sudah berkoodinasi dan berkoodinasi dengan toga muslim baik di Buleleng untuk membahas anjuran pemerintah ini. “Kami sudah mengundang tokoh muslim baik Ketua MUI, Kantor Kementerian Agama, Ketua Majelis Taklim, Ketua Masjid di Buleleng, Ketua NU, Ketua Muhammadiyah, pada prinsipnya mereka sudah miliki arahan ketua pusat masing-masing, sepakat mendukung kebijakan pemerintah,” kata AKBP Sinar Subawa.

Dalam rapat koordinasi itu juga dibahas soal bagaimana tekni menjalankan ibadah di tengah pandemi Covid-19. Seluruh tokohumat muslim di Buleleng itu juga dimohon Kapolres untuk ikut mengedukasi umatnya yang lain untuk pelaksanaan rangkaian hari raya tahun ini dengan keterbatasan di tengah pandemi Covid-19. “Kami sambut positif kesepakatan tokoh agama ini, ini juga menyamakan persepsi kami sehingga tidak ada kegamangan atau kerancuan dalam masyarakat menjalankan ibadahnya,” tegas dia.

Sementara itu Operasi Ketupat Agung juga sudah diberlakukan Jumat (24/4) hingga 37 hari kedepan. Polres Buleleng juga disebut Kapolres asal Jembrana itu menyiagakan 139 orang personel yang di-standbykan untuk memantau keamanan selama bulan puasa hingag hari raya Idul Fitri 1441. Dia pun mengatakan jumlah tersebut masih sangat dinamis dan dapat bertambah kapan saja jika diperlukan.

Seluruh personel yang mendapatkan tugas khusus di Ops Ketupat Agung juga menjaminkan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Termasuk keadaan ekonomi yang semakin sulit di tengah pandemi yang berpotensi terjadi tindak kriminal. “Sementara angka kriminalitas di Buleleng terbilang kondusif, saya kira masyarakat Buleleng semakin cerdas untuk tidak melakukan pelanggaran,” ungkap Kapolres Sinar Subawa.*k23

Komentar