nusabali

Matic Second Laris, Harga NMax Paling Tinggi

  • www.nusabali.com-matic-second-laris-harga-nmax-paling-tinggi

Geliat pasaran motor bekas di Denpasar didominasi kendaraan matic.

DENPASAR, NusaBali

Tabiat konsumen otomotif di Indonesia memang unik. Acapkali sebelum membeli, sudah lebih dulu memikirkan harga jual kembali. Alhasil pasar motor second/bekas seringkali menjadi rujukan sebelum membeli kendaraan. Seiring sejalan dengan komposisi penjualan motor baru,  ternyata roda dua jenis matic pun mendapat tempat di kalangan konsumen motor second.  “Ya, yang paling dicari tetap motor matic,” kata Sales Counter Anang Motor, Desty, Senin (30/12/2019).

Sederetan matic yang menjadi primadona disebut Desty, antara lain, Honda Beat dan Honda Scopy untuk matic entry level. Sedangkan untuk matic premium disebutnya Yamaha NMax yang laris manis. “Selalu laris dicari pembeli. Jadi adanya barang, biasanya nggak lama langsung laku,” kata Desty ditemui di showroom Anang Motor di Jalan Pulau Buru Denpasar yang sudah beroperasi sejak tahun 1990an itu.

Desty pun menjelaskan perbandingan motor second laris. Untuk Scoopy tahun 2017, ada di kisaran Rp 16,5 juta hingga 17 juta. Scoopy 2019 Rp 18 juta. Sedangkan NMax tahun 2018 masih bias dijual dibandrol Rp 24,5 juta. Di showroom ini memang cukup lengkap berbagai jenis roda dua, mulai dari matic, bebek, sport tersedia. Selain itu bukan hanya merk motor Jepang, namun merk brand Italia, Benelli, juga tertata rapi.  Honda Beat ada 3 unit, Scoopy ada 5 unit. Namun khusus NMax diakui Desty sedang kosong. “Kemarin (Minggu, 29 Desember 2019) NMax 2018 laku Rp 24 juta,” kata Desty sambil melihat buku transaksi jual-beli.

Diakui Desty jika pihaknya terus memburu matic best seller-nya Yamaha itu. Selain karena permintaan yang tinggi, harga jualnya diakui tinggi.  Harga NMax second di pasaran yang masih tinggi itu diakui juga oleh Mustar yang sedang menunggui showroom H.Usman Motor di Jalan A Yani Selatan Denpasar. “Ya, NMax memang tinggi harganya.  Kapan hari kami sempat jual di harga Rp 23-24 jutaan,” kata pria paruh baya berdarah campuran Madura dan Bali ini saat ditemui Senin (30/12/2019) sore.

Sementara itu di showroom Hilman Motor Jalan Merpati, Monang-Maning, sependapat dengan larisnya motor matic segmen premium, terutama NMax. Hanya saja diakui bahwa menjelang tutup tahun, di showroom-nya agak terjadi kelesuan pada pasar motor bekas. “Harapannya perekonomian lebih baik lagi di tahun 2020,” kata Hilman yang sudah 15 tahun menggeluti bisnis jual-beli sepeda motor second ini.

Sementara itu terkait kabar bakal dirilisnya NMax versi baru, pelaku bisnis roda dua tidak terlalu mencemaskan harga pasaran bekas akan jatuh. “Dari pengalaman-pengalaman yang sudah ada, tidak ada pengaruh. Misalnya saat Honda merilis Beat Pop, juga tak merusak harga pasar bekas. Begitu juga kalau Nmax mengeluarkan yang baru, kan masih tetap NMax. Jadi tak akan menjatuhkan harga NMax bekas,” kata Desty yang hampir delapan tahun menjadi sales counter di Anang Motor.  

Pedenya para pelaku motor bekas soal NMax ini pun ditunjukkan Hilman Motor dengan memasang bandrol ‘premium’. Di showroom ini terlihat ada tiga unit NMax, berangka  tahun 2017 dan 2018. “Ini saya tawarkan Rp 25 juta,” kata Hilman sembari menunjuk NMax kelir hitam dop lansiran tahun 2018.

Di pasaran motor baru sendiri, NMax cukup sukses di Bali. Dalam sebulan penjualan matic 155cc ini ada di kisaran angka 4.000 hingga 4.500 unit. Bahkan penjualan ini tak goyah saat Honda merilis PCX ataupun ADV untuk head to head dengan matic yang pertamakali dirilis tahun 2015 lalu.  *mao

Komentar