nusabali

Pelindo Benoa Siap Antisipasi Angkutan Nataru

  • www.nusabali.com-pelindo-benoa-siap-antisipasi-angkutan-nataru

Ada empat unit kapal dari Pelni yang disiagakan untuk mengangkut penumpang  masa liburan Natal dan Tahun Baru.

DENPASAR, NusaBali

Pelindo Benoa sudah menyiapkan fasilitas pelayanan pelabuhan dan terminal penumpang terkait dengan angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) yang memanfaatkan jasa pelayaran atau kapal. Ada empat unit kapal dari Pelni yang disiagakan untuk mengangkut penumpang Nataru dengan tujuan beberapa pelabuhan di NTB, NTT dan Surabaya.  Ke empat kapal tersebut KM Tilongkabila dengan kapasitas 1.518 penumpang, KM Leuser kapasitas 970 penumpang, KM Awu  1.312 penumpang dan KM Binaiya dengan kapasitas 970 penumpang.CEO Pelindo III Pelabuhan Benoa I Wayan Eka Saputra, menyatakan kesiapan Pelabuhan Benoa terkait Nataru. “Pelindo sebagai operator  menyiapkan fasilitas dan pelayanan termasuk terminal penumpang,” ujarnya, Kamis (19/12/2019). Sedang kapal, kata Eka Saputra, disiapkan oleh Pelni.

Untuk diketahui kapal-kapal yang disiapkan Pelni di antaranya  melayani penumpang dengan tujuan pelabuhan-pelabuhan di kawasan timur. Diantaranya Lembar, Bima, Labuhan Bajo dan Kupang. Juga ada dengan tujuan Surabaya.

Persiapan sendiri sudah mulai  18 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020. “Bersama instansi terkait posko sudah siap,” ujar Eka Saputra. Walau tidak menyebutkan berapa persis jumlah penumpang, namun Eka Saputra memperkirakan jumlah penumpang meningkat hingga 5 persen.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta, menyatakan jumlah penumpang pada   Nataru mendatang diprediksi mencapai 920.372 orang. Jumlah tersebut meningkat dari penumpang Nataru 2018 lalu, dengan jumlah penumpang 876.592 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 5 persen.

Mengantisipasi pengangkutan penumpang tersebut, 32 kapal dan 207 unit bus telah disiapkan stakeholder terkait.  Kapal-kapal tersebut merupakan kapal reguler dari Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana dan Padangbai, Karangasem. Sedang 207 unit bus di Terminal Mengwi, Badung. *k17

Komentar