nusabali

SMPN 4 Semarapura Gelar Magibung Purnama-Tilem

  • www.nusabali.com-smpn-4-semarapura-gelar-magibung-purnama-tilem

SMPN 4 Semarapura, Klungkung, memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan karakter siswa terutama dalam menumbuhkan rasa kebersamaan.

SEMARAPURA, NusaBali

Sekolah ini menggelar magibung (makan bersama) saat Rahina Purnama-Tilem. Program ini diterapkan sejak 30 Agustus 2019, efektif untuk menjaga kebersamaan siswa.

Berkat kebersamaan itu, SMPN 4 Semarapura berhasil meraih sejumlah prestasi. Kepala SMPN 4 Semarapura David Setiyanto SPd mengatakan kegiatan magibung di SMP 4 Semarapura, dilaksanakan setiap Purnama dan Tilem setelah pelaksanaan persembahyangan dan literasi sekolah. 'Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penguatan pendidikan karakter siswa, yaitu gotong royong, kebersamaan, disiplin, dan kesederhanaan," ujarnya, saat ditemui Selasa (10/12).

Saat Purnama pada Rabu (11/12) ini, jelas dia, magibung juga dilaksanakan. Tak hanya siswa para guru, pegawai dan seluruh warga sekolah mengikuti magibung. Posisi duduknya melingkar dan makanan yang sudah di tengah lingkaran dimakan secara bersama-sama. "Makanan itu dibawa dari siswa, mereka membawa makanan masing-masing lalu digabung jadi satu dengan teman satu kelompoknya. Sehingga mereka bisa berbagi sesama teman," ujarnya. Magibung para guru juga serupa, ada yang bawa nasi, ada yang bawa lauk. Lalu dijadikan satu ditata oleh kelompok yang bertugas.

David yang baru menjabat Kasek SMPN 4 Semarapura, per 12 Agustus 2019, saat ini tengah berusaha untuk berinovasi demi pendidikan terutama sekolahnya dengan siswa 303 orang, 25 guru, 5 pegawai TU (Tata Usaha). "Sebenarnya belum banyak yang bisa saya lakukan, karena baru beberapa bulan. Tapi saya akan meningkatkan kedisiplinan seluruh warga sekolah dengan pengawasan dan keteladanan. Memang normatif sekali, cuma dengan pendekatan kekeluargaan dan keteladanan siswa dan guru meningkat kedisiplinannya," ujarnya.

Terbukti dalam beberapa bulan sudah banyak prestasi diraih sekolah, di antaranya Juara Umum 2 Penggalang Putra dan Juara Umum 2 Penggalang Putri dalam kegiatan Penjelajahan Tunas Muda, Juara Harapan 1 SKJ (Senam Kebugaran Jasmani) Jadoel, dan yang terbaru Juara 1 Yel-Yel Anti Korupsi dan lainnya. "Untuk gurunya juga tidak kalah prestasinya, beberapa waktu lalu dapat juara 3 lomba SKJ Jadoel," ujarnya. *wan

loading...

Komentar