nusabali

PIK-R SMPN 2 Semarapura Siap Berlaga Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-pik-r-smpn-2-semarapura-siap-berlaga-tingkat-nasional
  • www.nusabali.com-pik-r-smpn-2-semarapura-siap-berlaga-tingkat-nasional

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menerima audiensi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Paramartha SMPN 2 Semarapura di ruang kerjanya, Selasa (30/4).

Rombongan dipimpin Kasek SMPN 2 Semarapura Ida Bagus Astawa. Audensi untuk menyampaikan persiapan PIK-R Paramarta SMPN 2 Semarapura yang akan menjalani penilaian tingkat nasional pada 13 Mei 2024.

Kasek SMPN 2 Semarapura Ida Bagus Astawa mengatakan tim penilai dari BKKBN Pusat akan hadir ke SMPN 2 Semarapura untuk menilai PIK-R Paramarta yang sebelumnya menjadi juara I lomba PIKR tingkat Provinsi Bali. Sejumlah persiapan telah dilakukan di antaranya melengkapi administrasi organisasi PIK-R, melaksanakan konseling remaja dan fasilitasi workshop, dan akan turun ke masyarakat maupun sekolah-sekolah untuk sosialisasi program dan mengedukasi masyarakat, pemuda serta remaja tentang berbagai permasalahan remaja untuk menekan kenakalan remaja.

Ketua PIK-R Paramartha, Isprilya Hayuningdiah, mengatakan perjalanan panjang hingga bisa lolos ke tingkat nasional. Diawali persiapan ke provinsi sejak menjadi juara 1 umum PIK-R segmentasi berani terbaik di Kabupaten Klungkung dalam ajang GenRe Klungkung Competition (GKC) yang sekaligus menjadi PIK-R Percontohan Kabupaten Klungkung. "Kami sudah menjadi PIK-R Percontohan Kabupaten Klungkung sejak November 2023," ujar Isprilya.

Untuk perjuangannya tentu harus memiliki semangat yang tinggi dan usaha lebih. "Kami bisa lolos ke tingkat nasional karena memiliki hal yang berbeda dengan PIK-R Berani lainnya yaitu memiliki 2 program inovatif," kata Isprilya.

Kedua program inovatif tersebut yakni Berbagi Gizi (Bergizi) dengan mengadakan kegiatan magibung tapi makanan yang dibawa harus bergizi. Lalu ada Rangkul Berani, jadi rangkul berani ini dengan membantu membangun serta mengembangkan PIK-R yang ada di daerah tertinggal terdepan dan terluar (3T) atau daerah yang harus di dahulukan akses informasinya.

Sementara itu, inovasi unggulan baru-baru ini yaitu cerita edukatif di mana setiap minggunya mengeluarkan buku cerpen digital yang berisi cerita edukatif seputar remaja yang akan disebarkan di media sosial.

Sementara itu, Jendrika mengucapkan selamat karena SMPN 2 Semarapura telah ditunjuk sebagai wakil Bali ke tingkat nasional. "Persiapkan semua dengan baik. Semoga hasil penilaian nanti membuahkan hasil terbaik dan menjadi juara di tingkat nasional. Dengan predikat tersebut tentunya akan lebih membantu Pemkab Klungkung dalam menggaungkan PIK-R di kalangan remaja dan masyarakat," ujar Jendrika. 7 wan

Komentar