nusabali

BRIN Rencanakan Observasi Lokasi EBT di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-brin-rencanakan-observasi-lokasi-ebt-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali - Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sri Nuryanti bersama jajaran melakukan kunjungan ke Kabupaten Klungkung, Selasa (14/5). Kunjungan diterima Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika didampingi Sekda Klungkung AA Gede Lesmana, perwakilan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Bali dan Kepala Brida Klungkung Ketut Budiarta di ruang Bupati Klungkung.

Nuryati mengatakan kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti kajian yang telah dibuat oleh pihak universitas, terkait apa yang bisa dikembangkan menjadi sumber energi baru terbarukan (EBT) di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Kunjungan ini diisi dengan diskusi implementasi kebijakan energi dan observasi lokasi pilot project di kepulauan Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. pemerintah saat ini sedang menggalakkan energi baru terbarukan menuju zero emission. "Kami ingin melihat langsung apa yang bisa dikembangkan terkait EBT di Kabupaten Klungkung," ujar Sri Nuryanti. 

Pj Bupati Klungkung Nyoman Jendrika menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya BRIN yang sudah memilih Kabupaten Klungkung untuk mengembangkan sumber energi baru terbarukan. Menurutnya, di Kabupaten Klungkung khususnya di Nusa Penida banyak inovasi yang bisa dilakukan.

Di antaranya sumber energi bayu (angin), ombak dan surya (matahari) sangat terbuka untuk bisa dikembangkan dengan konsep energi baru terbarukan. "Mohon kiranya kajian yang sudah dibuat universitas menjadi teknologi dan solusi yang bisa dikembangkan di sana," ujar Jendrika. 

Pemkab Klungkung siap mendukung program pusat, agar pembangunan EBT di Nusa Penida bisa segera ditindaklanjuti. "Semoga kami mendapat teknologi-teknologi energi baru terbarukan untuk mendukung pariwisata di Nusa Penida," harap Jendrika. 7 wan

Komentar