nusabali

Diskusi Terbuka BalinaleX dan Para Sineas

Tantangan dan Solusi Industri Perfilman

  • www.nusabali.com-diskusi-terbuka-balinalex-dan-para-sineas

Tak hanya pemutaran film premiere, para sineas juga akan berkolaborasi dalam diskusi terbuka bertajuk ‘Spotlight Indonesia’

DENPASAR, NusaBali.com
Acara yang ditujukan bagi para pelaku industri ferfilman tahunan, Bali International Film Festival Industry Forum (BalinaleX) kembali diadakan serangkaian dengan ajang bergengsi, Bali International Film Festival (Balinale) 2019. Acara yang akan segera berlangsung mulai tanggal 24 September 2019 ini mempertemukan puluhan sineas ulung dari perbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Dengan mengusung tema forum “Spotlight Indonesia” diharapkan model diskusi terbuka ini membuka kesempatan dan sekaligus mencari solusi bersama tantangan dalam perkembangan industri perfilman. Adapun acara yang dilaksanakan selama enam hari hingga 29 September 2019 ini akan dipandu oleh Global Film Solutions (GFS) Indonesia.

“Talenta sineas Indonesia sangat luas dan berkelas dunia. GFS Indonesia berbangga dapat mengadakan sebuah forum bagi para sineas untuk berbagi pengetahuan dan menginspirasi.” Julian Grimmond, GFS Indonesia.

Balinalex Industry Forum bersama Bali International Film Festival telah menjadi arena dan agenda tahunan bagi para sineas Indonesia dan internasional untuk duduk bersama dan berbagi pengetahuan serta berkolaborasi dalam industri ferfilman yang dinamis. Topik yang akan dibahas tahun ini antara lain yaitu:

Penonton Indonesia, yaitu tentang bagaimana para sineas melihat dan menemukan genre yang diminati oleh penonton;  Platform Indonesia, membahas mengenai platform seperti apa yang cocok untuk perfilman; Konten Indonesia, di mana para produser dan pembuat film berdiskusi tentang kemana dan bagaimana caranya untuk mengekspor konten Indonesia; hingga Global Indonesia, di mana produser Indonesia dan internasional membahas tentang kesempatan dan tantangan dalam bekerja di pasar konten global.

Sosok tokoh dalam industry perfilman yang akan hadir di Bali International Film Festival dan BalinaleX Industry Forum 2019 antara lain :

Natan Bogin – Seorang Media Finance dan Talent Agent di sebuah agensi terkemuka di bidang hiburan dan olahraga, yaitu Creative Artist Agency (CAA). CAA mewakili sineas terkenal seperti Tom Cruise, Brad Pitt, Will Smith, George Clooney, Bradley Cooper, Steven Spielberg, Ron Howard, James Cameron, Spike Jonze, Terrence Malick, Jerry Bruckheimer, Marc Platt, John Lesher, dan Stuart Ford. Pada kesempatan ini, Bogin akan berbicara mengenai pembentukan kerja sama jangka panjang dan rencana untuk mengembangkan CAA di Indonesia.

Donna Smith – Wanita pertama yang menjadi President of Production untuk Universal Studios dan seorang produser pemenang Academy Award. Smith merupakan mitra tetap di Balinale yang sangat terbuka untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan sineas lokal. Beliau adalah seorang Completion Bond senior dan telah dipilih menjadi US Ambassador of Film untuk China.

Sarah Xu – Seorang co-founder dan CEO dari AY Entertainment Group yang mengatur kegiatan dan mempromosikan artis-artis “A-List”, Broadway, dan CIRQUE di Asia. Ia juga merupakan co-founder dari FMX New Media Inc., yaitu sebuah platform yang menyediakan kebutuhan produksi untuk Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) serta distributor konten dari platform digital baru baik bagi Amerika dan China. Perusahaan 2W Network Entertainment adalah mitra dalam usaha pencarian proyek film untuk distributor multichannel di China.

Ismail Basbeth, produser, sutradara, dan penulis. Ia merupakan pembuat film otodidak yang karyanya telah diakui dalam ajang festival film nasional dan internasional terkemuka. Sebagai alumnus dari Berlinale Talent Campus dan Asian Film Academy, ia pernah mendapatkan beasiswa BFC dan SHOCS. Sebagai produser dan co-founder dari Matta Cinema, ia fokus bekerja dengan sutradara yang unik dan kreatif untuk penonton global. Bosan Berisik Lab., adalah laboratorium non-profit dan inter-disipliner yang menguatkan para pembuat film muda, artis, dan penulis untuk menciptakan karya yang kreatif dan eksperimental.

Festival yang diadakan selama enam hari di Cinemaxx Sidewalk Jimbaran ini akan menayangkan 92 film karya sineas berbakat dari 28 negara. Pada tahun ini, akan diputar deretan film perdana dalam berbagai kategori, yaitu 9 World Premieres, 5 International Premieres dan 19 Asian Premieres yang disertai dengan kehadiran para sineas Indonesia terkemuka. Ajang ini, selain menampilkan berbagai film premiere, juga turut menghadirkan beberapa sosok kenamaan di bidang industri perfilman, seperti Natan Bogin, Donna Smith, Sarah Xu, dan Ismail Basbeth.*yl

loading...

Komentar