nusabali

Mess Guru SDN 2 Bangli Rusak

  • www.nusabali.com-mess-guru-sdn-2-bangli-rusak

Empat pilar di depan kelas II di bagian bawahnya mulai keropos sehingga tulang besi terlihat. 

TABANAN, NusaBali
Mess guru di SDN 2 Bangli di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Tabanan, rusak parah. Selain mess guru, empat pilar gedung sekolah di depan ruangan kelas II keropos. Mess yang tak ditempati lagi itu, tahun ajaran baru ini akan dijadikan kantin sekolah setelah diperbaiki.

Kepala SDN 2 Bangli, I Wayan Mandiana, 54, mengatakan mess guru itu saat ini tak difungsikan lagi. Dulu memang ada guru yang menempati mess itu. Namun sekarang guru di SDN 2 Bangli kebetulan rumahnya dekat sekolah sehingga pilih tinggal bersama keluarga di kampung. “Saya sudah ajukan perbaikan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tabanan. Kita diminta melengkapi segala persyaratannya,” ungkap Mandiana, Jumat (1/7). 

Mandiana mengaku cemas dengan kondisi mess guru yang rusak. Sebab satu dua siswa ada saja yang main ke tempat itu. Dikhawatirkan ada yang jebol dan menimpa siswa yang main di bawahnya. Pantauan di lapangan, plafon mess sudah berlubang, genteng banyak yang pecah, dinding retak hingga terlihat batu batanya. “Saya ke sini (SDN 2 Baturiti) sejak tahun 2014. Kondisinya sudah rusak begini. Saat itu masih ada guru yang menempati mess,” imbuh Mandiana. 

Mandiana juga mengaku mengkhawatirkan pilar gedung sekolah yang keropos. Terlihat ada empat pilar yang bagian bawahnya susunan batu batanya rusak sehingga tinggal tulang besi. Saratnya beban dikhawatirkan pilar itu ambruk. Jika itu terjadi bangunan gedung SD juga akan runtuh. “Semoga cepat mendapat perbaikan dari pemerintah,” harapnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tabanan, Putu Santika saat dikonfirmasi mengatakan mess itu sudah tidak berfungsi. Ia pun menyarankan penghapusan agar tak membahayakan warga sekolah. Sementara untuk gedung kelas II yang pilarnya keropos, sudah dianggarkan dana. Diperkirakan pada tahun 2017 dana tersebut terealisasi untuk perbaiki pilar sekolah. 7 cr61

Komentar