nusabali

Piodalan di Pura Pekendungan, Pamedek Membeludak

  • www.nusabali.com-piodalan-di-pura-pekendungan-pamedek-membeludak

Ribuan pamedek tangkil ke Pura Luhur Pekendungan areal DTW Tanah Lot yang ada di wilayah Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (3/8).

TABANAN, NusaBali

Sebelum dilakukan pujawali diawali dengan prosesi ngerebeg Keris Bendesa Sakti yang disimpan di Puri Kediri.  Upacara ngerebeg tersebut dilaksanakan pada Sabtu siang sekitar pukul 11.30 Wita yang diiringi atraksi okokan, ciri khas Desa Adat Kediri. Dalam prosesi ini ribuan pamedek ikut ngerebeg dari Puri Kediri ke Pura Pekendungan.

Manajer Operasional DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana, menyatakan dengan datangnya ribuan pamedek yang tangkil ke Pura Pekendungan, pihaknya sudah menyediakan kantong parkir.

“Untuk kantong parkir maupun pengamanan sudah kami antisipasi. Selama itu kami dari DTW juga membackup dari segi parkir.  Harapannya, pamedek bisa tetap menghaturkan sembah baktinya dengan baik, begitu pun pengunjung objek wisata Tanah Lot tetap nyaman dan aman,” ujarnya, Minggu (4/8).

Menurutnya piodalan di Pura Pekendungan tepatnya dilaksanakan pada Hari Raya Kuningan pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (3/8). Ribuan pamedek tangkil saat puncak pujawali meskipun cuaca yang sangat terik. “Pamedek mulai berdatangan sejak pagi,” imbuh Toya Adnyana.

Toya Adnyana menambahkan piodalan di Pura Luhur Pekendungan, lanjut nyejer selama tiga hari berturut-turut sampai Anggara Pon Langkir, Selasa (6/8). *des

loading...

Komentar