nusabali

Guru Diajari Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT

  • www.nusabali.com-guru-diajari-membuat-media-pembelajaran-berbasis-it

Di jaman serba modern dan canggih, metode pembelajaran di sekolah dituntut lebih berkualitas.

GIANYAR, NusaBali

Sebab, jangan sampai guru lebih gaptek daripada muridnya. Guna menjawab tantangan itu, SMA N 1 Blahbatuh gelar workshop pembuatan media pembelajaran berbasis IT untuk para guru, Selasa (30/7). Workshop ini dilaksanakan selama dua hari hingga, Rabu (31/7).

Seluruh guru mengikuti Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT. Workshop ini digelar secara internal oleh Tim Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan SMAN 1 Blahbatuh dalam rangka meningkatkan penguasaan media pembelajaran berbasis IT kepada guru-guru. Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Blahbatuh, I Ketut Sulatra SPd MPd mengatakan workshop media pembelajaran berbasis IT ini sejalan dengan visi Blasman, julukan SMAN 1 Blahbatuh, untuk unggul dalam prestasi, salah satunya unggul dalam proses pembelajaran IT.

"Kita tidak ingin Guru-guru SMAN 1 Blahbatuh tertinggal jauh dalam penguasaan IT terutama penggunaan IT sebagai media pembelajaran. Workshop ini adalah salah satu implementasi program 2019/2020, yaitu peningkatan kualitas SDM guru dan pegawai," jelasnya.

Pada workshop kali ini diisi oleh narasumber dari guru-guru SMAN 1 Blahbatuh. Hal ini disebabkan telah banyak guru-guru yang secara rutin mengikuti kegiatan workshop serupa dan terdapat guru yang telah menguasai IT. Salah satunya Komang Adhi Wijaya SKom M

Pd yang ditugaskan memberikan materi Moodle kepada guru-guru. "Kordinator TIK dan guru-guru TIK kita tugaskan untuk melakukan supervisi dan bimbingan kepada guru-guru dalam penguasaan IT secara berkelanjutan," imbuhnya.

Materi seperti Moodle, Google Form, Kahoot dan Kine Master diberikan selama dua hari dan di hari kedua masing-masing MGMP akan mempresentasikan hasil workshopnya. SMAN 1 Blahbatuh atau biasa dikenal Blasman tahun ini dipercaya menjadi satu-satunya SMA di Kabupaten Gianyar sebagai pilot project sekolah dengan mata pelajaran informatika. *nvi

Komentar