nusabali

Bupati Mas Sumatri Pimpin Color Run di Buitan Village Festival

  • www.nusabali.com-bupati-mas-sumatri-pimpin-color-run-di-buitan-village-festival

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri memimpin acara color run yang diselenggarakan pada Buitan Village Festival 2016 di Pantai Buitan, Desa Pakraman Buitan, Kecamatan Manggis, Minggu (19/6).

AMLAPURA, NusaBali
Color run diikuti 756 peserta didominasi kalangan muda-mudi. Acara ini digagas sekaa teruna Desa Pakraman Buitan. Bupati Mas Sumatri berharap Buitan Festival tetap berlanjut sebagai inovasi baru di sektor pariwisata. Usai membuka Buitan Village Festival, Bupati Mas Sumatri langsung berbaur dengan peserta color run di Pantai Banjar Buitan. Tak ketinggalan Bupati perempuan pertama di gumi lahar ini ikut melempar serbuk warna warni diikuti peserta lainnya. Selanjutnya peserta color run berjalan menyisir pantai ke arah barat.

Menurut Bupati Mas Sumatri, Buitan Village Festival merupakan gagasan cerdas anak muda dari Desa Pakraman Buitan dengan merangkul seluruh pelaku pariwisata. Terlebih lagi Objek Wisata Buitan jadi satu kawasan wisata Candidasa agar terus menjadi pusat perhatian wisatawan yang datang. Selama ini Pantai Buitan lebih dikenal sebagai tempat melasti.

Sekretaris Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Karangasem I Wayan Kariasa mengaku salut atas kreativitas pemuda dari Desa Pakraman Buitan.  “Dengan adanya festival, wisatawan yang berlibur di Candidasa dapat hiburan,” kata Kariasa. Apalagi hunian hotel selama bulan Juni 2016 berkisar 40-45 persen. Festival ini diharapkan jadi agenda resmi tahunan sehingga wisatawan lebih banyak datang ke Candidasa.

Ketua Panitia, Ida Bagus Made Sayoga mengatakan, Buitan Village mempersatukan tiga sekaa teruna dari Banjar Adat Kaja dikoordinasikan Komang Juliartana, Banjar Pancingan dikoordinasikan I Gede Bayu Pista, dan dari Kampung Muslim dikoordinasikan Adek. Dikatakan, ide kreatif itu muncul karena berlatar belakang bekerja di entertainment. “Begitu disepakati menggelar Buitan Village Festival, saya langsung promosi ke beberapa hotel, kerjasama dengan PHRI, ASITA dan pengelola pariwisata. Lumayan mampu mendatangkan 756 orang,” katanya.

Pembukaan festival dihadiri Wakapolres Karangasem Kompol AA Mudita,  Camat Manggis Ida Nyoman Astawa, Kapolsek Manggis Kompol Dewa Gede Putra, dan Danramil Manggis Kapten Inf Bambang Edy. Acara berlangsung sehari dari pagi hingga malam, setelah color run, berlanjut acara jukung race dan live music. 7 k16

Komentar