nusabali

Bulog Perpanjang Operasi Pasar Beras

  • www.nusabali.com-bulog-perpanjang-operasi-pasar-beras

Perum Bulog memutuskan memperpanjang operasi pasar beras hingga akhir tahun ini dari keputusan sebelumnya, yang bakal diakhiri pada 31 Mei 2019.

JAKARTA, Nusa Bali

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan, perpanjangan operasi pasar beras sebagai antisipasi untuk menjaga kualitas beras bulog di gudang.

"Saat ini stok beras Bulog di gudang masih sekitar 2,2 juta ton, tapi sebagian besar sisa dari impor tahun lalu. Ini lama-lama bisa rusak berasnya," kata Darmin, usai Rapat Kerja di Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Selasa (25/6).

Darmin mengatakan, melihat banyaknya stok beras Bulog yang tersimpan, pemerintah meminta agar perseroan memperbanyak operasi pasar. Termasuk, penyaluran Beras Sejahtera secara non tunai. Menurut dia, dalam waktu enam bulan ke depan setidaknya beras harus sudah disalurkan. Jika setahun lagi bisa rusak berasnya.

Karena itu, kata Darmin, operasi pasar tersebut bukan sebagai respons atas melonjaknya harga beras. Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) harga beras kualitas medium I stabil di harga Rp 11.800 per kilogram (kg), sementara untuk beras kualitas medium II sekitar Rp 11.600 per kg.  *ant

Komentar