nusabali

5 Hal Ini Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Mood Swing Yang Terus Mendera

  • www.nusabali.com-5-hal-ini-bisa-dilakukan-untuk-mengatasi-mood-swing-yang-terus-mendera

Mood Swing adalah perubahan emosi (suasana hati) seseorang yang cenderung mudah terlihat. Pada dasarnya, perubahan emosi ini merupakan kejadian alami dari sebagian besar kehidupan manusia. Selama perubahan emosi ini tidak berdampak pada kehidupan secara ekstrem, maka anda dapat dianggap sehat.

Penulis : Ega Rupani
Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana

Namun, bagi yang mengalami perubahan suasana hati serius dan berlangsung sangat cepat hingga emosi itu mengganggu hidup Anda, maka perlu diwaspadai. Contohnya, mood swing berlangsung selama beberapa hari atau lebih sehingga Anda menjadi sangat senang atau sedih secara tidak terkontrol, tidak bisa mengunjungi kerabat, tidak bisa tidur, atau menghambat kegiatan di keseharian.

Perhatikan juga jika mood swing yang Anda alami telah mencapai tingkatan yang lebih parah, seperti menimbulkan rasa ingin melukai diri sendiri atau mengakhiri hidup Anda. Maka pola-pola semacam ini dapat menjadi pertanda kepada gangguan kesehatan yang lebih serius.

Berikut 5 hal untuk mengatasi mood swing yang terus mendera

1. Mendengarkan Musik
Buka playlist musik di handphone atau laptopmu. Karena musik ternyata bisa menjadi salah satu sumber mood booster yang baik. Coba dengarkan lagu-lagu dengan irama upbeat, ceria dan menyenangkan. Dengan mendengarkan alunan musik yang indah,mood-mu yang lagi down bisa perlahan membaik.

2. Tidur yang cukup
Kurang istirahat atau kurang tidur biasanya bisa membuat seseorang menjadi lebih cepat marah, tak sabaran, sulit dalam berkonsentrasi, stres, murung, hingga depresi. Tidak hanya itu saja, memiliki waktu tidur yang sedikit juga bisa membuat seseorang terlalu lelah melakukan hal yang diinginkan.

Hal ini sendiri memang cukup terbukti jika orang yang kurang tidur, cenderung akan jauh lebih malas. Hal ini dikarenakan, otak yang berpikir terlalu keras dan tubuh dalam kondisi lemah, yang tentu membutuhkan istirahat untuk kembali menyegarkan tubuh. Setelah beristirahat yang cukup, maka produktivitas bisa kembali tercipta dengan baik.

3. Mencari Teman Curhat
Bila sedang mengalami mood swing, ada baiknya Anda bersosialisasi dengan cara berbincang atau mungkin curhat. Menceritakan hal yang membuat Anda tidak bersemangat bisa menjadi salah satu cara  yang dapat Anda lakukan. Dengan bercerita, setidaknya Anda tidak memendam kekesalan Anda sendirian, ada orang lain yang turut bisa diajak untuk berbagi cerita. Jangan sungkan untuk menelepon, chat, atau bahkan video call dengan sahabat atau keluarga ketika Anda sedang dilanda perubahan suasana hati.

4. Me Time
Anda bisa mengembalikan mood dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Cara ini dianggap lebih cepat untuk mengambalikan mood Anda. Di tengah kesibukan, Anda bisa menyempatkan waktu untuk pergi ke salon, memasak, atau melakukan hobi lain dengan membaca buku-buku kesukaan Anda.

5. Coklat
Makanan yang satu ini sangat digemari oleh berbagai kalangan. Meskipun sebagian besar wanita takut mengonsumsi ini dengan alasan menjaga berat badan. Tapi, bagi anda yang sering mengalami mood swing, makanan ini cukup efektif untuk meningkatkan mood anda. Esensi dari mengonsumsi cokelat adalah rasa cokelatnya yang harum dan sedikit pahit. Dengan konsumsi cokelat, otak bisa menghasilkan endorfin dan meningkatkan serotonin dalam tubuh sehingga menjaga mood kamu tetap bahagia.*


*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

loading...

Komentar