nusabali

Bangkit, Lorenzo Bayangi Marquez

  • www.nusabali.com-bangkit-lorenzo-bayangi-marquez

Rider Repsol Honda Jorge Lorenzo membuat kejutan. Setelah lama terpuruk, Lorenzo bangkit pada momen latihan bebas pertama MotoGP Jerez pada Jumat (3/5).

JEREZ, NusaBali

Rider Spanyol itu membayangi rekan setimnya Marc Marquez untuk menjadi yang tercepat kedua.   Marquez pun menjadi tercepat dengan mencatatkan waktu 1 menit 37,921 detik. Marquez  lebih cepat dari Lorenzo, dengan margin 0,124 detik.

Urutan ketiga milik rider Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales. Dia kalah cepat 0,191 detik dari Marquez. Lalu pemimpin klasemen MotoGP, Andrea Dovizioso, di urutan kelima dan 0,229 detik di belakang Marquez.

Sedadang juara MotoGP Austin, Alex Rins, di urutan kesepuluh. Catatan waktunya tertinggal sangat jauh dari Marquez, yakni 0,613 detik. Lalu Valentino Rossi di urutan ke-18.

Sementara itu, hasil yang diraih Lorenzo melegakan tim Repsol Honda. Pasalnya, pada tiga balapan pertama Lorenzo tidak masuk 10 besar pada balapan. Bahkan pada MotoGP Austin rider Spanyol itu gagal finis. Muncullah rumor, Marquez dituding menjadi penyebab buruknya performa Lorenzo.

Hal itu seperti yang diungkapkan pemegang tiga gelar juara dunia 500cc, Wayne Rainey. Menurutnya, masalah terbesar Lorenzo yaitu di Honda sudah ada Marquez. Cara Marquez mengendarai motor sangat berbeda dibanding Lorenzo.

"Tim Honda harus mencoba mengembangkan motor yang bukan hanya cocok untuk Marquez, tapi juga Lorenzo," kata Rainey.  Meskipun belum nyetel dengan motor barunya, Lorenzo selama ini tak kehilangan kepercayaan diri. Dalam beberapa kesempatan dia menyatakan hanya butuh waktu untuk kembali kompetitif.  Lorenzo mengklaim perlu banyak waktu menggeber motor Honda untuk menemukan performa terbaiknya.

Balapan MotoGP Jerez menjadi sesi penting bagi para pembalap. Jerez menjadi balapan pembuka dari seri Eropa yang biasanya menjadi momen-momen krusial pada pacuan juara dunia MotoGP. *

Komentar