nusabali

Sudiana-Sutrisno Paket Terkaya

  • www.nusabali.com-sudiana-sutrisno-paket-terkaya

Pasangan Made Sudiana-Nyoman Sutrisno (Cabup-Cawabup Badung yang diusung Demokrat-Gerindra) menjadi paket calon terkaya untuk tarung Pilkada serentak di 6 daerah di Bali, 9 Desember 2015.

Dari empat Srikandi Politik yang maju ke Pilkada 2015, IGA Mas Sumatri menjadi kandidat terkaya. Politisi PDIP yang maju sebagai Cabup Karangasem dari NasDem-PKPI-Hanura didukung Demokrat ini punya kekayaan 33,99 miliar. Rai Sunasri (politisi Golkar yang maju sebagai Cawawali Denpasar dari Koalisi Bali Mandara) adalah Srikandi Politik terkaya kedua dengan harta Rp 4,90 miliar, disusul Putu Eka Wiryastuti (Srikandi PDIP yang Cabup Tabanan/punya harta Rp 3,32 miliar plus 16.000 dolar AS), dan Ni Made Sumiati (Srikandi PDIP yang jadi Cawabup Karangasem/punya harta Rp 3,02 miliar).

Pimpinan KPK, Adnan Pandu Praja, mengatakan pengumuman harta kekayaan kandidat yang tarung di Pilkadsa 2015 ini memang wajib dilakukan. Tujuannya, untuk cegah dini korupsi. Harta kekayaan kandidat dilaporkan sebanyak dua kali. Pertama, laporan harta kekayaan yang dicatatkan antara Desember 2003-April 2012. Kedua, laporan kekayaan terakhir per Juli 2015. 

"Tujuan pelaporan harta kekayaan ini adalah untuk cegah dini korupsi. Dan, ini me-rupakan amanat dari Konvensi Internal PBB, di mana kekayaaan dan aset calon kepala daerah wajib diumumkan," ujar Adnan Pandu seusai pengumuman harta kekayaan kandidat di Kantor KPU Bali, Kamis kemarin.

Menurut Adnan Pandu, pencatatan laporan harta kekayaan kandidat antara yang pertama dan terakhir nantinya akan dicek. "Dicek ketika yang bersangkutan belum menjabat dan setelah menjabat nanti. Sekali lagi, ini tujuannya melakukan pencegahan dini praktek korupsi dan menciptakan Pilkada yang berintegritas. Selain itu, sejak sekarang kita bisa menilai profil calon kepala daerah yang akan dipilih masyarakat," tandas Adnan Pandu.

Komentar