nusabali

Aplikasi Ini Bisa Bikin Kamu Lancar Berbahasa Inggris di Depan Umum

  • www.nusabali.com-aplikasi-ini-bisa-bikin-kamu-lancar-berbahasa-inggris-di-depan-umum

Seiring perkembangan teknologi yang pesat, banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan diri akan literasi dalam dunia digital. Salah satunya adalah aplikasi Orai.

DENPASAR, NusaBali.com
Revolusi Industri 4.0 mensyaratkan kita semua agar bisa mengikuti perubahan dan memanfaatkan perubahan dengan efektif. Agar menjadi driver bukan sekedar passenger, seperti Prof. Renald Khasali sampaikan. Agar juga mengisi diri dengan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dunia global, seperti berpikir kritis dan inovatif, berjejaring, memecahkan masalah, berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan baik. Tidak hanya tentang nilai tinggi saja. Seiring perkembangan teknologi yang pesat, banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan diri akan literasi dalam dunia digital. Salah satunya adalah aplikasi Orai. 

Apa itu Orai?

Logo Orai - NET

Orai adalah sebuah aplikasi untuk membantu semua orang mengembangkan keterampilan berbicara, khususnya berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam konteks siswa milenial yang jarang lepas dari telepon pintarnya, aplikasi ini bisa membantu mereka berlatih berbicara dan/ atau menjadi pembicara publik dalam bahasa Inggris yang lebih baik. Aplikasi Orai memberi kesempatan mereka berlatih berbicara berulang-ulang dengan umpan balik instan. Mereka akan diberitahu apakah mereka berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Apakah terlalu banyak jeda atau kata-kata ‘err’, ‘emm’, ‘what is it’, dan seterusnya. Selain itu, semua kekurangan ditampilkan dalam transkrip yang kita sampaikan secara lisan sebelumnya. Orai juga memberi informasi tambahan pada siswa, seperti semangat – apakah terlalu bersemangat atau terlalu monoton. Hal lain yang diberikan juga adalah kejelasan ucapan dan pelafalan serta ringkasan hasil bicara mereka.

Orai memberi beberapa fitur yang didesain mengasah keterampilan berbicara siswa, yaitu Lessons, Practice, Progress, dan Recordings. Masing-masing fitur utama memiliki konten yang menarik dan bisa dipelajari berulang-ulang untuk mengasah kemampuan berbicara ini. Di fitur ‘Lessons’, mereka yang ingin berlatih berbicara bisa belajar dan melatihkan kemampuan berbicaranya pada konten-konten yang diberikan. Masing-masing konten terdiri dari tiga tahapan konten yang harus diselesaikan sebelum bisa mempelajari konten pelajaran selanjutnya.

Konten pertama dalam fitur Lessons adalah Control Your Pace yaitu melatih murid-murid mengontrol kecepatan berbicara mereka. Konten selanjutnya adalah Fight Your Fillers untuk melatih mereka mengurangi kata-kata yang tak perlu, seperti ‘err’, ‘emm’ dan lainnya. Speak with Clarity adalah konten lanjutan yang menekankan pada latihan untuk menyampaikan ide bicara secara jelas, to the point. Konten berikutnya adalah Vary Your Energy yang melatih mereka untuk tahu kapan berbicara dengan energik dan kapan tidak. Konten selanjutnya fokus pada situasi Interview dimana murid-murid dilatih merespon sebaik-baiknya pada situasi wawancara. Terakhir, konten Power of the Pause memberi penekanan pada pentingnya melakukan jeda, namun pada saat yang tepat. Seluruh konten ini bisa dicek kemajuannya di aplikasi Orai tersebut. 

Bagaimana Integrasi Aplikasi Orai pada Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris?

Seperti telah disampaikan sebelumnya, Orai bisa digunakan untuk membantu kemampuan berbicara. Siswa di semua tingkatan membutuhkan pelatih untuk belajar berbicara di depan umum. Masalahnya adalah, dapatkah guru melatih siswa mereka satu per satu hingga mereka menjadi lebih baik? Itu akan tidak mudah. Karena fungsinya, Orai potensial diintegrasikan ke pembelajaran bahasa Inggris. Orai dapat membantu guru dalam melatih, menilai, memantau siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara mereka. Selain itu, Orai dapat digunakan untuk berlatih berbicara dalam berbagai materi. Siswa bisa berlatih mandiri atau berkolaborasi dengan teman-temannya dan belajar dari masukan yang diberikan. 

Guru bisa memberi topik-topik di awal pembelajaran untuk siswa latihkan presentasi. Selama persiapan, siswa diminta berlatih dengan menggunakan Orai dan mencatat semua masukan dari Orai. Diskusi bersama bisa dilakukan untuk memberi ruang siswa merefleksi dan berpikir kritis sambil mengatasi masalah yang ia hadapi. Di akhir persiapan, siswa diminta pendapatnya tentang Orai dan bagaimana peran Orai dalam keterampilan berbicara mereka. Alternatif lain pemanfaatan Orai bisa lintas sekolah bahkan lintas negara. Sehingga masukan bisa semakin kaya dan membantu siswa berjejaring meluaskan lingkup diskusinya. 

Yang penting dari aplikasi Orai adalah fitur Practice dimana yang ingin berlatih bisa secara berulang merekam dirinya ketika berbicara dan kemudian mendapatkan masukan langsung dari Orai. Ketika berlatih, murid-murid bisa memilih mode Give Me a Topic atau Free. Orai akan bisa memberi masukan jika rekaman latihan dilakukan selama minimal 15 detik. 

Apa Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Aplikasi Orai pada Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris?

Kekuatan Orai adalah (1) Orai dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan koneksi Internet, (2) Orai sangat mudah digunakan, dan (3) Transkripnya sangat jelas dan sangat membantu. Adapun kelemahan Orai adalah (1) aplikasi ini memiliki kemampuan yang sangat terbatas, hanya dapat mengembangkan keterampilan berbicara dan (2) Orai adalah aplikasi berbayar. Jadi, jika dalam konteks pendidikan, dan siswa atau guru tidak memiliki anggaran, hanya bisa menggunakan uji coba gratis.

Untuk murid-murid Indonesia yang jarang lepas dari telepon pintarnya namun juga masih sangat perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, khususnya berbicara, aplikasi Orai tentunya menarik untuk dicoba. Aplikasi ini bisa diunduh di iOS dan Play Store dan dijalankan melalui telepon pintar masing-masing. Meski demikian, kita tidak bisa hanya mengandalkan teknologi saja. Kita harus mampu memanfaatkan teknologi seefektif mungkin. Jangan abaikan latihan bersama teman-teman karena interaksi dan masukan langsung dari manusia – bukan mesin – bisa sangat membantu. Untuk belajar Orai, bisa menontonnya di https://youtu.be/v2zRcV2kt2g. Selamat mencoba!



Penulis:
Made Hery Santosa, Ph.D.
adalah Staf Pengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha. Profil singkat beliau bisa dibaca di about.me/mhsantosa.

loading...

Komentar