nusabali

Pasek Sesalkan Pernyataan Saut

  • www.nusabali.com-pasek-sesalkan-pernyataan-saut

Anggota DPD RI Gede Pasek Suardika (GPS) menyesalkan pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang yang mengatakan bahwa Latihan Kader (LK) 1 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bisa melahirkan koruptor.

DENPASAR, NusaBali
Menurut Pasek, seorang penegak hukum seperti Saut Situmorang seharusnya tidak menuduh lembaga yang sudah banyak menyuplai anak bangsa untuk membangun negeri ini dengan opini pribadi.
 
“Saya menyesalkan sikap pimpinan KPK yang melakukan penghakiman secara tidak proporsional. Pejabat penegak Hukum sebaiknya jangan bermain opini sehingga jauh dari tugasnya sebagai penegak Hukum yang berbicara berdasarkan fakta.,” ujar Pasek saat ditemui di kantor DPD RI Provinsi Bali Jalan Cok Tresna, Selasa (10/5)
 
Mantan ketua Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) tersebut mengatakan dirinya geram mendengar pernyataan yang menuduh LK1 HMI bisa melahirkan koruptor dan bersikap culas dan jahat saat menjabat. Menurut mantan wartawan ini, pernyataan Saut jauh dari etika penegak hukum.
 
“Apa Saut Situmorang tahu sejarah RUU Tipikor dan RUU KPK hingga menjadi UU dan Komisioner atau pun penasihat KPK banyak yang alumni HMI juga?,” tanyanya saat dikonfirmasi.
 
“Saya khawatir kalau penegak hukum terlalu banyak bicara tidak semestinya maka yang bersangkutan lebih cocok jadi pengamat daripada jadi penegak hukum. Karena penegak hukum itu bicara berdasarkan atas alat bukti, bukan dengan bangun opini apalagi menghakimi dengan opini,” ujarnya lagi.
 
Pasek menyarankan penegak hukum fokus kepada kasus yang ada sekarang seperti BLBI, Century, Reklamasi, dan Sumber Waras bukannya terlalu banyak bicara yang bukan konteksnya. “Kalo seperti itu kan mending jadi pengamat saja jangan penegak hukum,” ujar Pasek. Cr63

Komentar