nusabali

Polres Tabanan Layani Pembuatan SKCK di Malam Minggu

  • www.nusabali.com-polres-tabanan-layani-pembuatan-skck-di-malam-minggu

Satuan Intelkam Polres Tabanan meluncurkan terobosan kreatif dalam pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) bagi masyarakat.

TABANAN, NusaBali
Pelayanan SKCK sebelumnya hanya bisa dibuat di kantor Polres Tabanan saat jam dan hari kerja, Senin – Sabtu. Setiap Senin – Kamis pukul 08.00 hingga 14.00 Wita. Jumat pukul 08.00 – 13.00 Wita. Sabtu layanan buka pukul 08.00 – 10.00 Wita. Namun kini layanan itu bisa didapat masyarakat di saat malam Minggu atau Sabtu malam di luar kantor Polres. Layanan dimaksud dinamakan mobile SKCK Weekend.

Pelayanan mobile perdana diluncurkan pada Sabtu (8/9) malam di depan kantor Bank BPD Bali Jalan Gunung Batur atau sebelah barat Pasar Tabanan.

Kasat Intel Polres Tabanan AKP Ni Luh Komang Sri Subakti seizin Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa, menerangkan dibuatnya pelayanan jam ekstra untuk membantu masyarakat yang tidak sempat membuat SKCK pada jam kerja. Karena pelayanan di kantor tidak sampai malam.

Layanan pada Senin sampai Kamis pukul 08.00 – 14.00 Wita. Hari Jumat sampai pukul 13.00 Wita dan hari Sabtu sampai pukul 10.00 Wita. “Apalagi sangat banyak masyarakat yang memerlukan pelayanan ini, terutama untuk memenuhi syarat saat melamar pekerjaan, maka kami buat terobosan pelayanan SKCK saat akhir pekan,” ungkapnya, Minggu (9/9).

Dikatakan layanan perdana sudah dibuat di depan Bank BPD Bali Jalan Gunung Batur atau sebelah barat Pasar Tabanan pada Sabtu malam dari pukul 19.00 sampai 22.00 Wita. Ada enam orang yang memanfaatkan kesempatan tersebut. “Sengaja kami buka Sabtu malam, saat kesibukan kerja sudah tidak ada,” imbuhnya.

Diakui AKP Subakti, pelayanan SKCK saat akhir pekan akan terus diefektifkan. Nantinya ada empat orang petugas yang akan melayani pembuatan SKCK. Terdiri dari tiga orang anggota Intel dan seorang anggota Reskrim untuk pengambilan sidik jari. Selain itu, mulai pekan depan pihaknya melaksanakan pelayanan jemput bola pembuatan SKCK ke sekolah. Layanan ini khusus bagi siswa yang sudah mengikuti program bina latihan rekrutmen Polri.

Mengenai tempat, AKP Subakti, menyebutkan masih ditetapkan di depan Bank BPD Bali sekalian mengenalkan dan mensosialisasikan program baru ini ke masyarakat. “Tidak menutup kemungkinan ke depan kami akan keliling, ke tempat keramaian yang ada di Tabanan,” tuturnya.

Persyaratan yang wajib dipenuhi untuk membuat SKCK, membawa fotokopi KTP sebanyak 1 lembar, fotokopi KK sebanyak 1 lembar, fotokopi akta kelahiran 1 lembar, foto 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar latar belakang merah. “Pembuatan SKCK dengan biaya Rp 30 ribu sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016,” tandasnya. *de

loading...

Komentar