nusabali

SMKN 1 Bangli Terapkan Abesensi Wajah dan SMS Gateway

  • www.nusabali.com-smkn-1-bangli-terapkan-abesensi-wajah-dan-sms-gateway

Satu lagi teknologi canggih diterapkan di dunia pendidikan Bangli. Demi meningkatkan mutu pendidikan, SMKN 1 Bangli kini menerapkan sistim absensi wajah serta SMS Gateway.

BANGLI, NusaBali
Sistem ini diigadang-gadang bakal mampu memberikan informasi mengenai kehadiran siswa secara ‘online’. Jadi, kalau ada siswa yang bolos sokolah, secara otomatis hal itu bisa terlacak olah orang tua siswa.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Bangli, I Gusti Ngurah Adhi Windu, saat dikonfirmasi, mengatakan kalau absensi wajah ini, memiliki fungsi untuk mengawasi kehadiran siswa. Jadi, begitu siswa melakukan absensi, SMS Gateway secara otomatis bakal memberitahukan kehadiran siswa pada orang tuanya. Termasuk mengetahui apakah anaknya bersekolah, membolos dan sebagainya. “Dengan sistem ini, kita bisa lebih mudah mengawasi siswa,” jelasnya, Jumat (16/10).

Meskipun demikian, pihaknya juga masih tetap memberlakukan pengamanan berlapis. Jadi, siswa yang hendak keluar sekolah, wajib meminta surat keterangan di bagian Bimbingan Konseling (BK) dan petugas keamanan. “Kami baru menerapkan absensi wajah ini, sejak pertengahan Oktober ini dan saat ini masih dalam tahap percobaan,” ujarnya, didampingi Waka Sarana dan Prasarana SMKN 1 Bangli, Dewa Gede Putra Astika.

Disebutkan, absensi wajah ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur, mulai dari jadwal masuk sekolah hingga pengaturan jadwal pengiriman SMS ke ponsel. Fitur tersebut menampilkan pula history SMS atas pesan berita yang terkirim, baik perhitungan keterlambatan, absen masuk maupun jumlah masuk sekolah siswa bersangkutan. “Absensi wajah ini tidak hanya berlaku bagi siswa, namun juga diberlakukan bagi pegawai dan guru,” katanya. 

Komentar