nusabali

Jembatan di Bypass Mantra Retak

  • www.nusabali.com-jembatan-di-bypass-mantra-retak

Jembatan di jalan bypass Prof DR Ida Bagus Mantra, tepatnya di Banjar Sidayu, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, tampak retak. Badan jembatan di atas Tukad Jinah itu juga mengelupas hingga membahayakan para pengendara. 

SEMARAPURA, NusaBali
Sat Lantas Polres Klungkung memasang road barriel (pembatas jalan), sejak Kamis (4/2) sore, di atas jembatan itu. Pantauan di lokasi, Jumat (5/2) sekitar pukul 12.00 Wita, jembatan sepanjang sekitar 20 meter itu, nampak mengalami retak di bagian sebelah timur atau penghubung jembatan dengan jalur utama. Kerusakan terjadi dari sisi utara ke selatan, sepanjang hampir 3 meter dan lobang sedalam 8 cm, serta lebar kerusakannya mencapai sekitar 30 cm. Plat besi jembatan itu juga terlepas. Trotoar di atasnya juga terbelah.

Guna menghindari terjadinya kecelakaan, terutamanya pengendara sepeda motor. Sat Lantas Polres Klungkung, memasang dua buah road barriel, hingga menutup separuh badan jalan, sejak Kamis sekitar pukul 18.00 Wita. Sebab, jalur itu sangat padat dan banyak dilalui oleh kendaraan berat. Sehingga kemacetan pun tak terhindarkan. Petugas Sat Lantas dan Dishub nampak sibuk mengatur arus lalu lintas. “Kerusakan ini sangat membahayakan pengendara. Apalagi saat turun hujan, lubang itu akan tergenang air sehingga sulit dilihat,” ujar KBO Sat Lantas Polres Klungkung, Iptu I Made Susila, seizin Kasat Lantas Polres Klungkung, saat ditemui di lokasi Jumat (5/2).

KBO Susila menjelaskan, kerusakan jembatan ini sudah terjadi sejak sepekan lalu, akibat diguyur hujan. Namun, saat itu kerusakannya masih ringan. Karena terus diguyur hujan deras kerusakan kian parah. “Jalur memang padat kendaraan,” katanya.

Kasi Operasional Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informastika (Diskominfo) Klungkung, I Made Wirya mengatakan, mengenai kerusakan tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Pelaksaan Jalan Nasional (BPJN). Wirya menjelaskan, selain karena faktor cuaca, pergeseran penghubung jembatan tersebut, mungkin juga ada pergeseran di bawah. Namun dia tidak berani memastikan secara rinci.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Klungkung I Gusti Ngurah Supartana, saat dikonfirmasi via telepon mengenai persoalan itu, HP-nya aktif namun tidak diangkat.

Menerima informasi kerusakan itu, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta juga turun meninjau lokasi. Kasta mengatakan, jalan tersebut bukan kewenangan kabupaten, maka dia berharap pihak BPJN agar segera mengecek, kalau membahayakan agar segera diperbaiki. 7 w

Komentar