nusabali

Pramuka dan Komunitas Jurnalis Galang Bantuan Korban Bencana

  • www.nusabali.com-pramuka-dan-komunitas-jurnalis-galang-bantuan-korban-bencana

Puluhan anggota pramuka peduli dari SMKN 3 Singaraja dan SMAN Bali Mandara, Buleleng, menggalang dana untuk korban bencana tanah longsor dan banjir bandang di Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali

Aksi sosial yang juga menggandeng Komunitas Jurnalis Buleleng (KJB) itu dilakukan di Kota Singaraja, tepatnya traffic light Patung Singa Ambara Raja, depan kantor Bupati Buleleng. Mereka mulai terjun mengumpulkan rupiah dari warga yang melintas di jalur itu sejak pukul 11.00 Wita hingga 12.000 Wita. Andalan Cabang Kehumasan (Ancu) Kwartir Cabang Buleleng, Made Suartha ditemui di sela-sela aksi sosial, menyatakan gerakan peduli ini dilakukan secara spontan.

Aksi sosial itu pun nantinya dapat meringankan beban korban bencana di Kabupaten Buleleng. “Mengingat ada banyak warga yang terdampak dan juga ada korban jiwa, selain kerugian harta benda, bantuan yang kami galang setidaknya dapat meringankan beban mereka,” ujar Suartha.

Satu jam pergerakan, aksi sosial itu mengumpulkan dana Rp 4.162.800 dan akan dikumpulkan dahulu di dompet peduli Radio Guntur, sebelum diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Buleleng. Selanjutnya, pihaknya menyerahkan kepada Dinas Sosial Buleleng, untuk membelikan segala keperluan korban terdampak bencana.

Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra SpOG, yang terlihat memantau gerakan peduli itu mengapresiasi simpati dari anak-anak Pramuka. “Pemerintah sangat berterimakasih karena banyak yang sudah peduli, karena penanganan bencana ini adalah tanggung jawab bersama tidak hanya pemerintah,” kata dia.*k23

Komentar