nusabali

Jumlah Wirausaha RI Siap Kejar Malaysia

  • www.nusabali.com-jumlah-wirausaha-ri-siap-kejar-malaysia

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menyatakan, jumlah wirausaha saat ini sudah mencapai rasio 3,1 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

JAKARTA, NusaBali

Angka ini sudah melampaui standar internasional, yakni sebesar 2 persen. Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, rasio wirausaha di Indonesia sudah meningkat menjadi 3,1 persen dari total penduduk Indonesia dari sebelumnya hanya 1,55 persen di 2014.

Jika dihitung dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, maka jumlah wirausaha Indonesia saat ini mencapai sekitar 8,06 juta jiwa. "Rasionya di 2014 baru 1,55 persen, tapi sekarang sudah 3,1 persen dari total penduduk Indonesia. Angka itu sudah di atas standar internasional yang mematok 2 persen. Jadi pecah telur," terang Puspayoga dikutip liputan6, Jumat (5/1).

Dia mengaku, rasio wirausaha di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapura yang sudah mencapai 7 persen dari total 4 juta penduduknya, serta Malaysia yang sudah berada di level 5 persen. "Kita sekarang baru pecah telur, negara tetangga sudah dari dulu. Setiap tahun target kita meningkat 1 persen, dan diharapkan bisa mencapai 5 persen jumlah wirausaha kita di 2019. Ini target yang terukur, tidak ngawur," tegas Puspayoga.

Lebih jauh dirinya mengatakan, pemerintah memberikan bantuan modal awal bagi wirausaha pemula untuk pengembangan usaha mikro. Pada tahun lalu, target pemerintah menyalurkan bantuan permodalan 1.200 wirausaha pemula dengan anggaran Rp 15,6 miliar untuk kawasan daerah tertinggal, kawasan ekonomi khusus, dan daerah antarkelompok berpendapatan rendah. "Realisasinya mencapai 1.325 wirausaha pemula sampai akhir Desember lalu. Target di 2018, bantuan modal Rp 10-13 juta ini bisa menjangkau 1.831 wirausaha pemula," tutur Puspayoga.*

Komentar