nusabali

Siswa SMK Nasional Tabanan Raih Juara II Lomba Otomotif

  • www.nusabali.com-siswa-smk-nasional-tabanan-raih-juara-ii-lomba-otomotif

Siswa SMK Nasional Tabanan, Gung Kade Mertadana, 19, mengukir prestasi dalam lomba otomotif di Provinsi Bali. 

TABANAN, NusaBali
Mertana meraih juara II di Kontes Ketrampilan Siswa yang diselenggarakan SMKN 3 Tabanan bekerjasama dengan salah satu perusahaan motor asal Jepang. 

Lomba yang digelar pada Rabu (20/1) itu meliputi tes tulis dan praktek. Saat lomba praktekk, peserta melakukan service bertahap untuk sepeda motor. Mulai dari sistem kelistrikan, injeksi, ketrampilan penggunaan alat kebersihan dan waktu pembongkaran filter udara. Peserta lomba dituntut menghasilkan servisan yang bagus. 

Ditemui di SMK Nasional Tabanan, Mertadana mengaku tak menyangka bisa merebut juara di tengah persaingan yang ketat. Pelajar asal Banjar Batungsel Kelod, Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan, Tabanan ini mengaku ragu-ragu saat praktek service motor. Pun saat tes tulis sempat grogi menjawab 60 butir soal dengan durasi 60 menit. Mertadana mengaku baru pertama kali ini mengikuti lomba. “Persiapannya sangat singkat, hanya 10 hari,” akunya, Kamis (21/1). 

Meski ragu saat praktek service motor, Mertadana tercepat selesaikan pekerjaan dengan durasi 30 menit dari 60 menit waktu yang disediakan. Dikatakan, lomba yang digelar SMKN 3 Tabanan berlokasi di Banjar Bunut Puhun, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan itu diikuti 10 SMK se-Bali. “Saya baru pertama kali ikut serta. Astungkara bisa persembahkan juara untuk sekolah,” ungkapnya. 

Kepala SMK Nasional, I Gede Ketut Partana, 48, mengatakan, lomba yang diikuti ini adalah lomba rutin yang sudah terprogram setiap tahunnya. Namun ini adalah yang pertama mendapatkan juara. Dikatakan, siswanya yang dapat juara ini memang beprestasi dan berkompeten di bidang otomotif. “Semoga menginspirasi siswa lainnya,” harap Partana. 7 cr61

Komentar