nusabali

Jerman Siap Pertahankan Juara

  • www.nusabali.com-jerman-siap-pertahankan-juara

Jerman lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Irlandia Utara. 

BELFAST, NusaBali
Di Rusia, Die Mannschaft bertekad mempertahankan trofi Piala Dunianya, yang diraihnya empat tahun lalu di Brasil.

Ya, Jerman tampil bagus dan mengalahkan tuan rumah Irlandia Utara 3-1, di  Windsor Park, Belfast, Jumat (6/10) dini hari WIB. 

Jerman memimpin 2-0 di babak pertama lewat aksi Sebastian Rudy di menit kedua dan Sandro Wagner pada menit ke-21. Joshua Kimmich memperbesar keunggulan pada menit ke-86, sebelum Josh Magennis mencetak gol hiburan untuk tuan rumah di menit ke-90.

Kemenangan ini membuat Jerman tak terkalahkan dari 9 laga Grup C dengan raihan poin sempurna (27 poin).  Jerman tinggal melakoni satu laga melawan Azerbaijan. Sedangkan Irlandia Utara memastikan menempati peringkat dua dan tinggal menghadapi Norwegia sebelum menjalani playoff.

Usai mengantongi tiket ke Rusia, pelatih Joachim Loew mengaku puas dengan penampilan Jerman dan memuji konsentrasi pemainnya. Ia pun bertekad mempertahankan gelar juaranya.

" Kami menggandakan kedudukan dengan sangat cepat. Sebelumnya di Republik Ceko, kami bisa unggul cepat tapi kemudian kehilangan kendali. Itu tidak terjadi di sini," ujar Loew.

"Di babak kedua, Kami merasa mampu mengendalikan segalanya di lapangan. Saat itulah kami coba sedikit mengendurkan tekanan," kata Loew.

Lolos sebagai juara grup membuat Jerman jadi salah satu favorit juara di Piala Dunia 2018. Apalagi penampilan tim itu terbilang stabil yang ditunjukkan saat menjuarai Piala Konfederasi beberapa waktu lalu, meski tampil dengan tim lapis kedua.

"Gol itu sangat penting. Kami mendominasi pertandingan sepanjang waktu. Kami ke Rusia untuk memenangi sesuatu. Kami ingin mempertahankan gelar kami," kata Loew.

Jerman tinggal melakoni satu pertandingan tersisa di Grup C melawan Azerbaijan. Sementara Irlandia Utara yang menempati peringkat dua tinggal menghadapi Norwegia sebelum menjalani playoff.

Bagi timnas Jerman, ini sukses ke-18 kali mereka tampil di putaran Piala Dunia. Timnas Jerman hanya absen di Piala Dunia 1930 dan 1950. Dari 18 kali tampil, Jerman empat kali menjadi juara (1954, 1974, 1990, 2014). Jerman juga pernah menjadi finalis (runner up), yakni pada  1966,  1982 , 1986, dan 2002,  dan 2010. *

Komentar