nusabali

8 Tips Mencegah Mabuk Saat Perjalanan Wisata

  • www.nusabali.com-8-tips-mencegah-mabuk-saat-perjalanan-wisata

Berwisata merupakan salah satu aktivitas paling menyenangkan. Apalagi kalau pergi bersama orang-orang terkasih.

5. Hindari Aroma Menyengat
 
Parfum

Sejenak, aroma parfum ruangan memang menyegarkan. Namun, bagaimana jika dipasang di dalam kendaraan? Bau harum justru membuat dada terasa sesak. Terlebih, menyematkan pengharum beraroma menyengat. Bukan rasa nyaman yang muncul, malah mengakibatkan perut mual dan sakit kepala.

6. Tidur Boleh, Tetapi Jangan Berlebihan
 
Tidur Saat Perjalanan

Sebagian orang memilih tidur untuk menghindari mabuk perjalanan. Cara ini memang efektif menghilangkan rasa pusing dan mual yang mendera. Hal itu terjadi karena pancaindra tidak merespon kejadian visual dan stimulus dari luar. Namun, jangan terlalu lama menutup mata. Pasalnya, kondisi badan akan terasa sangat lelah saat terbangun. 

7.    Minum Obat Anti Mabuk
 
Contoh Obat

Banyak orang yang memilih minum obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan. Kini, obat tersebut bisa didapatkan di warung atau apotek. Beberapa contohnya, yaitu Antimo, Meclizine, dan Prometazin. Untuk menghindari efek samping berbahaya, mintalah resep dari dokter.

8. Jangan Minum Kopi


Kopi

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafeina. Zat ini membuat mata tetap terjaga meskipun Anda merasa lelah. Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa menyebabkan kondisi tubuh melemah. Pasalnya, anda tidak bisa beristirahat dengan lelap. Kalau hal itu terjadi, kepala pasti terasa sakit. Dampak yang lebih parah, asam lambung meningkat. Akibatnya, Anda bisa muntah. Untuk mencegah hal tersebut, lebih baik memperbanyak minum air putih. Selain menetralkan, air putih dapat meredakan pusing selama perjalanan menggunakan kereta api. 

Itulah beberapa tips mencegah mabuk saat perjalanan wisata. Terapkan tips-tips ini sebelum bepergian menggunakan kereta api Jogja. Dengan demikian, aktivitas liburan Anda lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

Komentar