nusabali

Ratusan Layang-layang Hiasi Langit Pengambengan

  • www.nusabali.com-ratusan-layang-layang-hiasi-langit-pengambengan

Jembrana Festival (J-Fest) ke-2 serangkaian HUT ke-122 Kota Negara disemarakkan lomba layang-layang yang digelar di Pantai Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (20/8).

NEGARA, NusaBali
Lomba layang-layang diikuti sebanyak 334 peserta terdiri dari 285 kategori bebean dan 49 layangan kreasi.   Bupati Jembrana I Putu Artha didampingi istri, Ni Kade Ari Sugianti, dan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan secara resmi membuka lomba layang layang dengan ikut menerbangkan layangan. Berbagai layangan kreasi yang ikut lomba kebanyakan berbentuk kupu-kupu dan burung. Ada juga yang membuat kreasi layang-layang berbentuk meru dan lambang Pemkab Jembrana.

Para peserta yang didominasi pemuda begitu semangat mengikuti perlombaan. Sejumlah peserta yang sempat gagal menerbangkan layang-layang terus berusaha mengulang kembali. Antusiasme masyarakat pun tidak kalah menyaksikan maupun berikan dukungan. Ketua panitia lomba layang-layang, I Made Tarma mengatakan, lomba layang-layang yang diselanggarakan setiap tahun ini merupakan penyelenggaraan keenam. Tahun lalu, lomba layang-layang digelar di areal persawahan Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana. 

Tahun ini, dipilih tanah lapang dekat Pantai Pengambengan. Selain lokasi lebih luas, angin juga mendukung. Lomba kali ini terbagi dalam dua kategori yaitu layangan bebean dan layangan kreasi. Layangan bebean sebanyak 285 dan layangan kreasi 49. Para peserta memperebutkan juara 1, 2, dan 3, dengan masing-masing mendapat hadiah uang pembinaan Rp 5 juta, Rp 4 juta, dan Rp 3 juta. Bupati Jembrana Putu Artha sangat mengapresiasi lomba layang-layang ini. Sebab layang-layang sebagai wadah masyarakat menuangkan kreatifitasnya dan upaya melestarikan budaya. *ode

Komentar