nusabali

Puluhan Napi LP Singaraja Keracunan Nasi Jinggo

  • www.nusabali.com-puluhan-napi-lp-singaraja-keracunan-nasi-jinggo

Sebanyak 53 napi dan tahanan mengeluh mual dan muntah setelah mengkonsumsi nasi jinggo. Nasi itu dimakan bersama usai persembahyangan Siwaratri. 

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang telah menerima laporan ada warga binaan LP Singaraja yang keracunan, langsung menyatakan bahwa seluruh biaya perawatan para warga binaan itu digratiskan. “Saya sudah minta agar biaya perawatannya digratiskan,” katanya saat ditemui di rumah jabatan.

Di tempat terpisah, Kepala LP Singaraja Sutarno membenarkan seluruh korban telah dipulangkan ke LP. Sutarno mengutarakan bahwa nasi bungkus yang disantap oleh warga binaan adalah pesanan dari luar LP yang dibeli oleh petugas.

Sejauh ini, masih diselediki dan telah dilaporkan pula ke Dinas Kesehatan Buleleng untuk pengambilan sampel nasi bungkus yang dimakan secara bersamaan oleh warga binaan.

Saat perayaan Siwaratri, pihaknya memang memberikan toleransi bagi warga binaan yang merayakan untuk melakukan persembahyangan bersama pada tengah malam. Peristiwa ini telah dilaporkan ke Kementerian Hukum dan HAM di Denpasar. 

“Semuanya telah kami laporkan ke atasan kami, mulai dari kronologi hingga mereka ditangani oleh tim medis di RSUD Buleleng,” ujarnya. 7 k19

Komentar