nusabali

Qatar Buka Peluang Eksportir Indonesia

  • www.nusabali.com-qatar-buka-peluang-eksportir-indonesia

Indonesia akan menggenjot ekspor ke Qatar. 

JAKARTA, NusaBali
Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan mengambil peluang ekspor di tengah aksi blokade Arab Saudi dan kelompoknya ke Qatar.

President Indonesia Qatar Business Council Hendra Hartono mengatakan, peluang Indonesia menggenjot ekspor ke Qatar besar. Apalagi, negara ini akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2022. Sehingga, membutuhkan bahan material untuk persiapan ajang empat tahunan tersebut.

"World Cup 2022 ini mereka sendiri hampir menggelontorkan 22 miliar dolar AS sebagai untuk membangun itu semua. Yang akan dibangun fasilitas sepak bola, stadion maksud saya, dari tidak ada menjadi banyak. Paling tidak lima besar yang bentuknya unik-unik, itu semua butuh material besi, semen, bahan material lain yang notabene ada di Indonesia, inilah yang diperjuangkan," ujar Hendra.

Sebagai tahap awal, akhir bulan ini Kadin akan mengirim tim guna menjajaki potensi ekspor ke Qatar. "Ini misi advance paling utama demikian," tambah dia.

Selain material bahan bangunan, dia mengatakan, telah menerima permintaan dari Qatar untuk pengiriman 10 barang. Di antaranya, kertas, makanan, pakaian dalam, hingga mesin jahit.

"Ada 10 yang notify kita (Qatar) butuh. Di antaranya, kertas, makanan minuman dibutuhkan, bahkan kaus-kaus dalam dibutuhkan mungkin di sana habit-nya panas butuh pakaian dalam, mesin jahit pun tanya kita. Ada beberapa yang sudah notify ke kita tentang yang mereka minta," ujar dia.

Sementara, Ketua Kadin Komite Tetap Timur Tengah dan OKI Fachry Thaib mengatakan, upaya Indonesia untuk menggenjot ekspor ke Qatar tak memengaruhi hubungan Indonesia dengan mana pun. Pasalnya, Indonesia bersikap netral. "Yang paling penting setelah kami adakan pertemuan dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bahwa Indonesia netral, jadi jangan takut ekspor Qatar, enggak ada urusan," tukas dia.*

Komentar