nusabali

Polda Bali Gelar Uji Kompetensi Satpam

  • www.nusabali.com-polda-bali-gelar-uji-kompetensi-satpam

DENPASAR, NusaBali - Direktorat Pembinaan Masyarakat (DirBinmas) Polda Bali, bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi satuan pengamanan (satpam) yang perdana di Bali.

Kegiatan ini berlangsung di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Asta Learning Center Bali Jalan Gunung Galunggung No. 8A, Ubung Kaja, Denpasar Utara, pada Senin (24/6) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan perilaku satpam dalam melaksanakan tugas pengamanan, khususnya di Bali yang sering menjadi tuan rumah berbagai acara internasional.

Kombes Pol Arsdo Ever P. Simatupang, DirBinmas Polda Bali, menyatakan pentingnya uji kompetensi ini. Adapun keterampilan yang perlu ditingkatkan meliputi penjagaan, patroli, pengawalan, dan pengaturan. Dengan meningkatnya kompetensi, satpam akan lebih siap dalam menjaga keamanan di lingkungan kerja masing-masing, terutama dengan banyaknya event internasional di Bali.

"Uji kompetensi selain legalitas, mereka juga dilatih untuk peningkatan kemampuannya serta menyatakan mereka kompeten dalam melaksanakan pengamanan di wilayah kerjanya," jelas Kombes Pol Arsdo, Senin (24/6).

Sementara itu, Direktur LPS Satpam ABUJAPI, Anak Agung Gede Suryawisesa Karang, menjelaskan bahwa kegiatan ini mengacu pada Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 4 Tahun 2020, yang mengharuskan satpam untuk dinyatakan kompeten dalam profesinya. Saat ini ada tiga tingkat dalam profesi satpam yaitu, Gada Pratama, Gada Madya, dan Gada Utama. Masing-masing ada 7 unit kompetensi yang diuji.

"Dengan terbentuknya LSP Satpam ABUJAPI, mutu satpam dapat ditingkatkan dan dijamin. Ujian kompetensi ini juga menjadi parameter dalam skala dan struktur upah satpam yang sedang disusun oleh ABUJAPI bersama Kemnaker dan Kepolisian," tandasnya.

Uji kompetensi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme satpam di Bali, sehingga mampu memberikan keamanan yang optimal, terutama dalam mendukung berbagai acara internasional di daerah tersebut. 7 cr79

Komentar