nusabali

Bupati Sanjaya Buka Marga Festival 2024

Berdayakan Seniman dan Kuliner Lokal

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-buka-marga-festival-2024

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya membuka Marga Festival di Bumi Perkemahan Margarana, Kecamatan Marga, Tabanan Jumat (14/6) malam.

Kegiatan yang diikuti oleh 16 desa di Kecamatan Marga berlangsung semarak. Bupati Sanjaya hadir sebagai bagian dari bentuk dukunganya dalam pelestarian tradisi, adat, seni dan budaya di Tabanan.

Selain Bupati Tabanan, Marga Festival yang bertajuk Paramaguna Wirakrama juga dihadiri seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan, Anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Tabanan, para Panglingsir Puri hingga kepala sekolah SD, SMP, SMA/SMK se Kecamatan Marga. 

Festival Marga ini melibatkan 9 seniman lokal asal Kecamatan Marga. Penyelenggaraan festival diwarnai dengan berbagai lomba yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai anak-anak TK hingga komunitas dan masyarakat umum. Tidak hanya bersifat hiburan, lomba-lomba ini juga memperebutkan piala, piagam penghargaan hingga hadiah jutaan rupiah. 

Bupati Sanjaya sampaikan rasa bangga dan berikan apresiasi yang sangat baik terhadap keberadaan festival ini, terlebih bertepatan dengan perayaan Bulan Bung Karno. Pihaknya meminta, perayaan ini nantinya agar mampu menjadi cermin bagi pengimplementasian ajaran Tri Sakti Bung Karno.

Dia pun berharap event ini harus mampu memberikan manfaat baik di bidang politik, ekonomi dan kebudayaan. “Ini Festival bagus sekali, sebab dilaksanakam oleh Camat Marga dan 16 perbekel di Kecamatan Marga. Festival ini juga mengangkat potensi desa dan memberikan panggung seni pagi seniman di Kecamatan Marga,” ujar Ketua DPC PDIP Tabanan ini.

Sementara itu Ketua Panitia Marga Festival, I Nyoman Sudiarsana mengatakan tujuan utama festival yang digagas bersama ini agar mampu menjadi ruang interaksi sosial maupun membangkitkan ekonomi masyarakat Marga. Sehingga tidak hanya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Marga, tetapi juga memperkuat jalinan persatuan khususnya untuk warga Kecamatan Marga. 

“Kami berharap para stakeholder di bidang seni dan budaya untuk terus bergandengan tangan dan mengambil tanggungjawab bersama dalam melestarikan adat dan budaya warisan leluhur kita. Roh semangat Puputan Margarana harus tetap dipupuk bersama dan dipelihara serta dijadikan pedoman bersama masyarakat yang bermartabat dan unggul,” kata Sudiarsana. @des 

Komentar