nusabali

Bakar Sampah, Gudang Rongsokan Ludes Terbakar

  • www.nusabali.com-bakar-sampah-gudang-rongsokan-ludes-terbakar

DENPASAR, NusaBali - Kebakaran hebat melanda sebuah gudang rongsokan di Jalan Kusuma Bangsa IV No. 7, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, pada Rabu (12/6) dini hari.

Insiden ini diduga karena ada pembakaran sampah disekitar gudang sehingga menyebabkan area seluas sekitar 1,5 are hangus terbakar.

Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi di konfirmasi Kamis (13/6), menjelaskan kejadian berlangsung sekitar pukul 01.50 Wita, tidak ada korban jiwa atau kerugian harta benda signifikan yang dilaporkan. 

Menurut informasi dari saksi-saksi, api pertama kali diketahui oleh Jaini, 65, yang mencium bau asap dan mendengar suara api berkobar dari rumahnya yang berdekatan dengan lokasi kebakaran. “Karna panik, Jaini segera mengambil selang air dan berusaha memadamkan api sambil menunggu bantuan. Kerugian materiil akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 5 juta,” ucap AKP Sukadi.

Penyewa lahan tersebut Muhamad Yanto, 65, mengonfirmasi bahwa lahan tersebut memang digunakan untuk mengepul barang rongsokan. Sedangkan pemilik lahan, Agung, telah mengikhlaskan peristiwa kebakaran ini dan menganggapnya sebagai sebuah musibah. Agung tidak berencana melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

Sedangkan, salah seorang warga sekitar mengatakan kemungkinan penyebab kebakaran yang diidentifikasi berasal dari ada pembakaran sampah dini hari di sekitar gudang rongsokan. Kemungkinan sisa percikan api yang tidak disadari merembet ke bangunan gudang yang menyimpan barang-barang mudah terbakar.

Tim pemadam kebakaran dari berbagai pos di Denpasar merespons dengan cepat peristiwa itu. Lima unit mobil pemadam, yaitu BW 24 (3000 liter), BW 25 (3000 liter), BW 10 (5000 liter), BW 09 (5000 liter), dan BW 26 (5000 liter), dikerahkan ke lokasi kejadian. 

Dengan total pemakaian air sebanyak 21.000 liter, Tim pemadam kebakaran kemudian melakukan proses pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi bara api yang tersisa di lahan tersebut. petugas berhasil mengendalikan api mulai pukul 02.00 Wita dan menyelesaikan penanganan pada pukul 03.10 Wita. 7 cr79

Komentar