nusabali

Timnas Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027

  • www.nusabali.com-timnas-lolos-kualifikasi-piala-dunia-2026-dan-piala-asia-2027

JAKARTA, NusaBali.com - Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiket ke babak selanjutnya kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan memastikan diri tampil di Piala Asia 2027 di Arab Saudi usai meraih kemenangan 2-0 atas Filipina di Stadion Gelora Bung Karno pada Selasa (11/6/2024) malam.

Gol yang dicetak oleh Thom Haye membawa anak asuh Shin Tae-yong unggul terlebih dahulu sebelum sundulan dari bek Rizky Ridho menggandakan keunggulan tim tuan rumah. 

Kemenangan ini disambut meriah oleh lebih dari 64.000 penonton di Jakarta dan meloloskan Indonesia ke fase ketiga kualifikasi Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Hasil ini memastikan Indonesia minimal finish sebagai peringkat kedua Grup F, unggul atas Vietnam dan Filipina. Skuad Garuda akan mengikuti drawing yang rencananya digelar pada 27 Juni mendatang bersama pemuncak grup, Irak.

Membutuhkan kemenangan untuk memastikan lolos, Timnas Indonesia tampil agresif sejak menit awal. Tendangan Ragnar Oratmangoen pada menit keenam diblok menjadi tendangan sudut, dan kurang dari semenit kemudian sundulan Marselino Ferdinan dari jarak tujuh meter ditepis Kevin Mendoza.

Justin Hubner melepaskan tembakan jarak jauh yang tak tepat sasaran, begitu pula Calvin Verdonk yang mendapat peluang emas di kotak penalti Filipina pada menit ke-18. Namun sepakan bek sayap tersebut melambung tinggi di atas mistar gawang.

Oratmangoen kemudian nyaris membuka skor setelah menerima umpan terobosan dari Rafael Struick di sisi kanan kotak penalti, namun bola masih melebar. Tekanan Indonesia semakin gencar untuk mencari gol pembuka.

Marselino Ferdinan kembali mengancam gawang Filipina pada menit ke-29, tetapi tembakannya masih bisa dijinakkan Mendoza. Namun tiga menit berselang, Indonesia akhirnya memecah kebuntuan lewat gol Thom Haye.

Gelandang asal Belanda tersebut mendapat ruang bebas dari pemain Filipina dan memanfaatkannya dengan sempurna. Tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti melengkung indah menuju sudut atas gawang Mendoza.

Selepas turun minum, Indonesia kembali nyaris menambah keunggulan. Oratmangoen melepaskan tembakan jarak jauh yang melambung di atas gawang, kemudian sundulan Patrick Reichelt dari sepak pojok Filipina masih melebar.

Namun keunggulan Indonesia akhirnya digandakan pada menit ke-51. Umpan tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On disambut sundulan kepala Rizky Ridho yang tak bisa dijangkau kiper Filipina.

Indonesia nyaris menambah keunggulan lagi melalui tembakan Ivar Jenner yang melebar pada menit ke-74. Namun skor 2-0 bertahan hingga pertandingan usai, memastikan kemenangan penting bagi skuad Garuda. 



Komentar