nusabali

Kadisdikpora: Pendidikan Karakter Kunci Kesuksesan Siswa

  • www.nusabali.com-kadisdikpora-pendidikan-karakter-kunci-kesuksesan-siswa

DENPASAR, NusaBali - Prestasi akademik ataupun non akademik saja tidak cukup, karena siswa juga perlu dibekali pendidikan karakter sebagaimana digelorakan belakangan ini.

Hal itu diungkapkan Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama di hadapan 291 siswa kelas IX Angkatan ke-61 SMP Santo Yoseph (Sanjose) Denpasar dalam Graduation Ceremony di International Convention Center Bali (Mal Bali Galeria), Senin (10/6).“Pendidikan karakter dan disiplin itu sangat penting bagi siswa. Jangan dilihat saat dibina, namun lihat hasilnya di masa depan,” ungkap Wiratama.

Sejalan dengan pentingnya pendidikan karakter, pelepasan siswa ini pun mengangkat tema ‘Menjadi Pelopor Pembelajar yang Berkarakter’.  “Kami menekankan pendidikan karakter sebagaimana didengungkan orangtua siswa dan masyarakat,” kata Kepala Sekolah SMP Sanjose Denpasar, Sr Imeldine Rumengan SJMJ SPd.

Tekad ini semakin kuat tatkala belum lama ini sekolah yang dipimpinnya membuat riset mengenai apa yang diharapkan orangtua/masyarakat. “Ternyata bukan prestasi atau nilai yang tinggi, tapi disiplin dan karakter,” kata Imeldine.

Menurutnya, hasil riset yang dilakukan SMP Santo Yoseph menunjukkan bahwa orang tua dan masyarakat lebih menghargai disiplin dan karakter daripada nilai yang tinggi.

"Oleh karena itu, kami ingin membina siswa agar menjadi individu yang tidak hanya berfokus pada akademis dan intelektual, tetapi juga memiliki nilai moral dan etik yang kuat," jelas Sr Imeldine.

Kadisdikpora Denpasar Wiratama pun berharap SMP Santo Yoseph dapat terus menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Denpasar. "Saya juga jebolan SMA Santo Yoseph dan saya yakin bahwa sekolah ini dapat memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak kita," kata alumni tahun 1987 sekolah yang dulunya bernama Swastiastu tersebut.7mao

Komentar