nusabali

Deputi Kemenko PMK Tinjau Kesiapan Prodi Kedokteran Undiksha

  • www.nusabali.com-deputi-kemenko-pmk-tinjau-kesiapan-prodi-kedokteran-undiksha

Perjuangan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja bersama Pemkab Buleleng mewujudkan Prodi Kedokteran, tinggal selangkah lagi.

SINGARAJA, NusaBali

Deputi Bidang Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Prof Dr R Agus Sartono menyatakan dukungan sarana dan prasana Prodi Kedokteran Undiksha sudah siap. Kini tinggal menunggu peninjauan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) RI, untuk memastikan izin Prodi Kedokteran dikeluarkan.

Pernyataan Deputi Kemenko PMK Agus Sartono disampaikan di sela-sela peninjauan kesiapan sarana dan prasana penunjang Prodi Kedokteran di Kampus Undiksha di Desa Jinengdalem, Kecamatan Buleleng, Minggu (6/8). Rombongan Deputi didampingi Wakil Bupati Buleleng dr Nyoman Sudjidra dan Rektor Undiksha Singaraja Dr Nyoman Jampel MPd.

Deputi Agus Sartono menyatakan, kehadirannya ingin memastikan upaya Undiksha dalam memperjuangkan berdirinya Prodi Kedokteran. Ia melihat dari sisi infrastruktur dan jumlah SDM pengajar, Undiksha sudah sangat siap melaksanakan Prodi Kedokteran. Apalagi lanjut Agus Sartono, keseriusan Pemkab Buleleng mendukung Prodi Kedokteran dengan menyiapkan teaching hospital – RSUD Buleleng yang sudah mendapatkan akreditasi paripurna. “Artinya tidak hanya infrastruktur pendidikan tapi teaching hospital juga sudah siap. Jadi saya kira ini suatu momen yang penting untuk segera mendorong Fakultas Kedokteran bisa berproses karena Fakultas Kedokteran ini sangat diperlukan di Bali Utara,” jelasnya.

Sebelum meninjau kesiapan sarana dan prasara pendukung Prodi Kedokteran di Kampus Undiksha di Desa Jinengdalem, Deputi Agus Sartono sempat meninjau tanah leluhur Megawati Sukarno Putri, di Bale Agung, Kelurahan Paket Agung, Kecamatan Buleleng. Deputi Agus Sartono menegaskan, penijauan itu terkait dengan rencana kunjungan dari Kemenko PMK Puan Maharani dalam waktu dekat. Kunjungan itu memastikan rencana Kawasan Promosi Sukarno Heritage. “Bayangan saya itu, kawasan RTH Taman Bung Karno menjadi tempat untuk even-even internasional. Justru bagi saya yang sangat mengagumkan bagaimana manajemen Bapak Bupati dan wakil Bupati dengan PAD yang terbatas, mampu melakukan pembangunan yang sangat bagus,” ungkap Agus Sartono.

Sementara Wabup Sutjidra mengatakan dari Pemkab Buleleng sudah menyiapkan sarana dan prasana pendukung agar Prodi Kedokteran terwujud. Dukungan itu dengan menjadikan RSUD Buleleng sebagai rumah sakit pendidikan. “Kita sudah dukung secara maksimal melalui RSUD sebagai RS Pendidikan,” katanya.

Sutjidra menambahkan kendala administrasi yang selama ini masih ada persoalan administrasi sudah dapat diselesaikan. Kini usulan Prodi Kedokteran itu tinggal menunggu visitasi dari Kemeristekdikti. “Dalam waktu dekat kemungkinan bisa diselesaikan. Harapan kita semua agar tahun depan bisa menerima mahasiswa dan kami minta doa restu dari seluruh masyarakat Buleleng,” katanya. *k19

Komentar