nusabali

Teknologi Artificial Intelligence Merambah Pilkada 2024, Platform Pilkada.AI Diluncurkan

  • www.nusabali.com-teknologi-artificial-intelligence-merambah-pilkada-2024-platform-pilkadaai-diluncurkan

JAKARTA, NusaBali.com - Dalam momentum Pilkada 2024, sebuah platform inovatif berbasis teknologi kecerdasan buatan generatif (AI) dan big data, Pilkada.AI, telah diluncurkan untuk mendukung para calon kepala daerah mengoptimalkan efektivitas kampanye mereka melalui analisis data politik yang akurat.

CEO Pilkada.AI, Nadia Shabilla, menjelaskan pada Rabu (29/5/2024) bahwa platform ini tidak hanya mengidentifikasi wilayah prioritas tetapi juga memahami elektabilitas calon kepala daerah serta kompetitor.

"Pilkada.AI dirancang untuk mengoptimalkan efektivitas melalui analisis data politik yang akurat dan menyediakan strategi pemenangan yang efisien hingga level tempat pemungutan suara (TPS)," ujar Nadia.

Pilkada.AI memperkenalkan serangkaian fitur inovatif, termasuk peta politik dan navigasi yang dirancang untuk "microtargeting" di tingkat kecamatan dan "nanotargeting" di TPS prioritas. Fitur-fitur ini memungkinkan para calon kepala daerah untuk menerapkan strategi kampanye yang tepat sasaran dan menghemat biaya secara signifikan.

Nadia menyoroti salah satu fitur unggulan platform ini, yaitu aplikasi tim sukses yang dilengkapi dengan survei pushpoll, geo-tagging, dan teknologi anti fake GPS. Fitur-fitur ini dirancang untuk mengamankan dan memaksimalkan efisiensi penggunaan dana kampanye.

"Di era modern ini, kampanye Pilkada tidak hanya mengandalkan popularitas, rekam jejak, kredibilitas, atau program yang diusung. Tetapi juga harus didukung dengan pemahaman mendalam tentang dinamika konstituen lokal," tambah Nadia.

Platform Pilkada.AI juga didukung oleh teknologi Large Language Model (LLM), machine learning, dan Generative AI terkini. Teknologi ini memungkinkan platform untuk mengolah jutaan data menjadi strategi personal dan nanotargeting bagi para calon kepala daerah. Penggunaan teknologi ini mampu menghasilkan rekomendasi kampanye yang positif berdasarkan isu-isu kritikal yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Platform ini bukan hanya meningkatkan kesempatan menang dalam Pilkada, tetapi juga membuat para calon kepala daerah dapat selalu memahami kondisi sehari-hari di tengah masyarakat," kata Nadia.

Nadia menegaskan bahwa Pilkada.AI memiliki kemampuan dan jangkauan di seluruh wilayah Indonesia dan dapat digunakan oleh para calon kepala daerah di semua tingkatan, mulai dari wali kota, bupati, hingga gubernur. 

Dengan peluncuran Pilkada.AI, diharapkan proses kampanye Pilkada 2024 akan menjadi lebih efisien, efektif, dan berbasis data, memungkinkan calon kepala daerah untuk lebih dekat dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Komentar