nusabali

Pelantikan 153 PPS Jembrana, 70 Persen Incumbent

  • www.nusabali.com-pelantikan-153-pps-jembrana-70-persen-incumbent

NEGARA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jembrana menggelar pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada 27 November 2024 di Jalan Udayana, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Minggu (26/5). Dari total 153 PPS ini, sekitar 70 persen adalah incumbent atau mantan PPS saat Pemilu, 14 Februari 2024 lalu.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Jembrana Dewa Putu Gede Oka, mengatakan sebelumnya ada sebanyak 204 orang pendaftar calon PPS. Namun dari hasil seleksi administrasi, hanya ada 188 orang yang lolos.

Kemudian dari 188 orang itu kembali dijaring melalui proses tes tulis dengan metode computer assisted test (CAT) dan wawancara untuk penentuan 153 PPS terpilih. 

“Kebutuhan PPS masih sama seperti saat pemilu, yakni 3 orang per desa/kelurahan. Jadi totalnya ada 153 PPS di 51 desa/kelurahan se-Jembrana,” ujar Dewa Oka. 

Menurut Dewa Oka, para PPS untuk pilkada ini masih didominasi wajah lama. Secara persentase, dirinya memperkirakan sekitar 70 persen dari para  PPS Pilkada 2024 ini adalah mantan PPS saat Pemilu 2024 lalu. “Kebanyakan incumbent. Yang incumbent sekitar 70 persen,” ucap Dewa Oka. 

Dalam pelantikan kemarin, para PPS ini diwajibkan menandatangani pakta integritas. Kemudian ada arahan dari Ketua KPU Jembrana agar para PPS ini menjaga netralitas dalam pelaksanan tugas-tugas dalam pilkada nanti. Selanjutnya, para PPS ini juga akan diberikan bimbingan teknis (bimtek) yang rencana digelar pada 29 Mei nanti.

Sebelumnya, KPU Jembrana telah melantik 25 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pilkada di Hotel Jimbarwana, Jalan Udayana, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Kamis (16/5) lalu. Dari 25 PPK itu, 14 orang atau sekitar 56 persen adalah incumbent. 7 ode

Komentar