nusabali

Pebiliar Cilik Gianyar Dilirik Menpora

  • www.nusabali.com-pebiliar-cilik-gianyar-dilirik-menpora

GIANYAR, NusaBali - Pebiliar cilik asal Banjar Teges Kaja, Kelurahan Gianyar, Ode Nandra, 10, dilirik Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Menpora Dito Ariotedjo kabarnya akan datang melihat langsung bakat Ode bermain biliar.

Hal itu diungkapkan Ayah Ode Nandra, Dewa Made Artawan saat dikonfirmasi Minggu (26/5). "Dari kementerian ada yang mendatangi kami, katanya pak menteri akan datang melihat potensi dari Ode dalam bermain biliar," ujar Dewa Made Artawan. 

Jika kabar itu benar, Dewa Made Artawan mengaku siap anaknya dibina menjadi pebiliar profesional. Artawan mengatakan, Ode Nandra sejak dalam kandungan terbiasa dengan suasana permainan biliar. 

"Bisa dibilang anak saya lahirnya di biliar, istri juga ada di samping meja biliar ikut mengelola dan setelah lahir pun sambil momong anak sambil pegang stik biliar,” kata Made Artawan. 

Memiliki nama lengkap Dewa Gede Tria Nandrawan, saat ini masih berstatus pelajar kelas 4 SD. Besar di lingkungan tempat biliar di kawasan barat Stadion Kapten I Wayan Dipta membuat Ode terbiasa memegang stik. Bahkan ketika telah kuat berdiri, meski kakinya harus menjinjit Ode sangat antusias membidik bola. "Umur lima tahun sudah mulai bisa bermain biliar," ujar Artawan. 

Setelah mampu memegang stik dan unjuk kebolehan, seiring berjalannya waktu kemampuan Ode terus diasah. Ode pun sering diajak ikut berbagai turnamen tingkat pemula baik di Gianyar maupun kabupaten lain. Bocah ini selalu bertanding dengan lawan yang usianya sudah dewasa dan selalu mampu ditaklukkannya.

Namun, Ode tetap diprioritaskan untuk menempuh pendidikan terlebih dahulu. Seperti anak-anak lainnya, Ode juga masih menikmati kebebasannya bermain bersama teman sebaya. 

“Anak baru kelas empat SD ia juga harus belajar. Untuk sekolahnya wajib diutamakan selain itu karena masih kecil jadi tidak begitu fokus kadang juga asik main layangan, tapi untuk latihan saya yang ikut melatih di pagi hari,”imbuh Artawan.

Salah satu pertandingan yang sering diikuti adalah Nandra Billiard Cup, dengan permainan Fifteen-Ball Pool, permainan tersebut menggunakan 15 bola biliar yang diberi nomor dari 1 hingga 15. 

“Kalau pertandingan dari umur tujuh tahun kalau tidak salah, sebelumnya hanya main-main biasa saja,” Dewa Made Artawan.nvi

Komentar